nusabali

Pangdam IX/Udayana Pimpin Latihan Denkav 4/SP UST Kompi

  • www.nusabali.com-pangdam-ixudayana-pimpin-latihan-denkav-4sp-ust-kompi

Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto jadi pemimpin umum dalam latihan Uji Satuan Tingkat (UST) kompi Detasemen Kavaleri 4/Simha Pasupati.

DENPASAR, NusaBali

Sementara komandan latihan adalah Danrindam IX/Udayana Kolonel Inf Esy Suharto. Latihan yang berlangsung selama 4 hari itu digelar di Karangasem dan Klungkung.

Kapendam IX/Udayana, Kolonel Kav Jonny Harianto G, dikonfirmasi, pada Minggu (24/11) mengungkapkan kegiatan yang berlangsung 21-24 November tersebut diikuti oleh 158 personel. Latihan tersebut digelar bertujuan untuk menguji dan mengukur kemampuan tempur satuan tingkat kompi dalam mengaplikasikan teknik, taktik, dan  prosedur tingkat Kompi Kavaleri.

Ratusan personel yang terlibat dalam latihan tersebut menggunakan 6 kendaraan tank tempur jenis Anoa Canon. Materi latihannya yakni pemindahan pasukan dan berbivak, operasi lawan insurjensi (pam rute, pam objek vital, pam pemukiman, patroli keamanan, penyergapan, pelingkaran, penghadangan, dan pengejaran serta melaksanakan pemeriksaan kampung yang mencurigakan sebagai daerah penyelamatan musuh.

“Dari 158 personel itu terdiri dari 118 personel dari Denkav 4/SP dan 40 personel pendukung dari Rindam IX/Udayana. Latihan ini merupakan untuk terus mengasah dan meningkatkan kemampuan personel. Karena begitu pentingnya latihan ini, bapak Pangdam ikut terlibat langsung,” tutur Kolonel Jonny.

Mekanisme pelaksanaan UST tingkat Kompi Denkav 4/SP di hari pertama pada Kamis (21/11) dilaksanakan pemindahan pasukan dari Mako Denkav 4/SP di Tuban Kecamatan Kuta, Badung menuju Kabupaten Karangasem. Pasukan mulai bergerak sejak pukul 06.00 Wita. Selanjutnya di hari kedua, Jumat (22/11) bertempat di Kecamatan Rendang dilaksanakan serangkaian materi kegiatan Operasi Lawan Insurjensi (OLI) yaitu patroli keamanan.

Kemudian pada Sabtu (23/11) bertempat di Kecamatan Sidemen dilaksanakan patroli keamanan objek vital dan pengamanan pemukiman. Selanjutnya pasukan bergerak menuju Kampung Sampalan Tengah dan Galian C Tukad Unda Kabupaten Klungkung untuk melaksanakan kegiatan Pungsihpung Dahmah dan pengejaran serta diakhiri dengan acara evaluasi latihan dan penutupan latihan UST Kompi Denkav 4/SP oleh Wadanlat, Kolonel Inf Soehardono, pada Minggu (24/11).  “Kami berharap agar latihan kali ini dapat membawa perubahan menuju perbaikan dalam rangka pencapaian tugas pokok TNI AD umumnya dan pembinaan Satuan Denkav 4/SP pada khususnya. Sehingga dengan demikian kemampuan para personil ini terasah dan ditingkatkan,” tandasanya.*pol

loading...

Komentar