nusabali

Plt Kadis Sosial Kukuhkan Karang Lansia Desa Tianyar

  • www.nusabali.com-plt-kadis-sosial-kukuhkan-karang-lansia-desa-tianyar

Plt Kepala Dinas Sosial Karangasem Ni Ketut Puspa Kumari kukuhkan dan melantik Karang Lansia Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, Karangasem di aula Kantor Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, Karangasem, Minggu (24/11).

AMLAPURA, NusaBali

Hanya saja belum ada program kerja jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Program kerja menyusul menunggu arahan dari Dinas Sosial. Terpilih sebagai Ketua Karang Lansia I Nyoman Sentana Arnawa yang juga Kasi Kesehatan Sosial Desa Tianyar.

Perbekel Desa Tianyar I Ketut Wija mengatakan, anggota Karang Lansia adalah tokoh masyarakat dari Banjar Darma Winangun, Banjar Eka Adnyana, Banjar Paleg, dan Banjar Tunas Sari. “Soal program kerja masih menunggu arahan dari Dinas Sosial Karangasem,” kata Ketut Wija. Salah seorang tokoh yang masuk struktur kepengurusan Karang Lansia Desa Tianyar I Made Putu Kawi Suardana sebagai Seksi Kerohanian juga mengatakan, program kerja masih menunggu arahan dari Dinas Sosial. “Saya hanya mendukung terbentuknya karang lansia untuk membantu kelancaran pembangunan desa,” katanya.

Kadis Sosial Karangasem Ni Ketut Puspa Kumari mengatakan, adanya karang lansia di Desa Tianyar lebih memudahkan memberikan arahan kepada para lansia. Terutama mengenai kegiatan untuk para lansia, posyandu lansia, senam sehat lansia, jantung sehat, bimbingan kerohanian, dan informasi kesehatan lainnya. Puspa Kumari mengingatkan tentang hidup bersih dan makan sehat. Pentingnya berolahraga, banyak berdoa, dan minum yang banyak. Larangan untuk lansia yakni hindari makan santan, hindari makan kacang-kacangan, dan dilarang makan daging terutama jeroan.

Menurutnya, makanan itu tidak baik untuk kesehatan lanjut usia. Dikatakan, pemerintah masih memerlukan pemikiran para lansia untuk kemajuan pembangunan di segala bidang. Sebab para lansia rata-rata berpengalaman di berbagai bidang.  Disebutkan, buat sementara telah dibentuk delapan karang lansia di 8 kecamatan. Target jangka panjang agar ada karang lansia di tiap desa/kelurahan sebanyak 78 karang lansia. Lansia adalah orang yang telah berusia 60 tahun ke atas. *k16

Komentar