nusabali

4 PKK Desa di Nusa Penida Dinilai Tim Provinsi Bali

  • www.nusabali.com-4-pkk-desa-di-nusa-penida-dinilai-tim-provinsi-bali

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menghadiri penilaian Lomba Kesatuan Gerak PKK- (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarsa Kesehatan (KKBPK)-Kesehatan dan Lomba Kegiatan PKK tingkat Provinsi Bali Tahun 2019.

SEMARAPURA, NusaBali

Penilaian ini di Balai Desa, Desa Kutampi Kaler, Kecamatan Nusa Penida, Minggu (24/11) pagi. Hadir, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Bali Ny Putri Koster bersama tim penilai lomba, Ketua TP PKK Klungkung Ny Ayu Suwirta, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung, Ny Sri Kasta beserta para anggota, Camat Nusa Penida I Komang Widyasa Putra dan undangan terkait lainnya.

Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan dan Lomba Kegiatan PKK tingkat Provinsi Bali ini, menilai program-program PKK di empat desa. Desa ini yakni Desa Kutampi Kaler, Desa Pejukutan, Desa Batumadeg, dan Desa Batukandik. Bupati Suwirta menyampaikan untuk kegiatan ke depannya agar OPD ikut terlibat dalam kegiatan PKK, sehingga jangan seolah-olah menjadi kegiatan ibu PKK saja. Bupati Suwirta juga berharap setelah kegiatan ini selesai nantinya ada tindaklanjut yang pasti dan tidak hanya berhenti sampai disini saja. "Mari bersama-sama bangun kesejahteraan itu dari keluarga, maka pembangunan keseluruhan baik itu dari kabupaten, provinsi akan bisa nantinya berjalan dengan sebaik-baiknya," harap Bupati Suwirta.

Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Putri Koster menyampaikan rasa apresiasinya setelah menyaksikan sambutan kegiatan ini di Nusa Penida. "Saya merasa kagum dengan kreativitas dan inovasi masyarakat Nusa Penida," ujar Ny Putri Koster. Ny Putri Koster menambahkan, lomba ini merupakan program dari PKK Provinsi dalam rangka Hari Kesatuan Gerak yang nantinya akan mewakili provinsi ke tingkat nasional, yang rutin dilakukan setiap setahun sekali. "Melalui lomba ini kami mengajak seluruh ibu-ibu PKK menjaga kesehatan itu penting, supaya kita tidak terkena kanker servic misalnya dan bagaimana kita untuk selalu ingat menata halaman rumah dengan baik," harapnya.

Kata sia, pemenang lomba akan mewakili Provinsi Bali ke tingkat nasional. ‘’Tak hanya ingin menjadi juara, tapi kami ingin program pokok PKK benar diaplikasikan secara langsung di keluarga," pintanya.

Lebih lanjut dikatakan, gerakan PKK agar dapat dilaksanakan guna mewujudkan keluarga yang sejahtera. Maka gerakan ini harus dikelola dengan baik, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan di evaluasi secara periodik. Pada kesempatan ini, Ny. Putri Suastini Koster berkesempatan melihat langsung Kelompok Industri Tenun "Winangun Asri" yang berlokasi di Desa Pakraman Karang, Desa Pejukutan, Nusa Penisa, Klungkung.

Ketua TP PKK Desa Pejukutan Ny Ayu Widiadnyani Arya menyatakan siap untuk dinilai. Desa-desa yang mewakili lomba ini antara lain, yakni Desa Kutampi Kaler dengan mewakili dua jenis lomba yaitu pola asuh nak, remaja pencita kasih dan hatinya PKK yang kedua Desa Batumadeg juga mewakili dua lomba yaitu lomba Posyandu dan Hipates kemudian Desa Batukandik mewakili empat jenis lomba kesatuan gerak PKK, KKBPK Kesehatan, Administrasi PKK, dan lainnya "Semoga pelaksanaan lomba ini bisa berjalan dengan baik," harapnya. *wan

Komentar