nusabali

Guru Harus Memiliki Talenta yang Bisa Digugu dan Ditiru

  • www.nusabali.com-guru-harus-memiliki-talenta-yang-bisa-digugu-dan-ditiru

Membangun karakter yang baik dalam proses pendidikan sangat diperlukan untuk membangun mental, sehingga bisa mempersiapkan anak didik mampu bersaing di era digital seperti saat ini.

SEMARAPURA, NusaBali

Untuk itu Persatuan Guru Republik Indonesi (PGRI) Kabupaten Klungkung sebagai organisasi yang anggotanya berprofesi sebagai guru menggelar kegiatan Tirta Yatra Character Building Pengembangan Wisata Spiritual. Kegiatan yang diikuti ratusan guru TK, SD dan SMP se- Kabupaten Klungkung ini dibuka Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, di Wantilan Pura Watu Klotok, Klungkung, Sabtu (23/11).

Kepala Dinas Pendidikan Klungkung, Dewa Gede Darmawan, mengatakan kegiatan Caracter Building yang dilakukan sangat penting di dalam menanamkan pola-pola dasar dalam proses pendidikan untuk mampu memiliki karakter yang baik.

Dewa Gede Darmawan mengakui setiap tahunnya selalu melakukan kegiatan untuk membangun karakter anak didik di Kabupaten Klungkung. "Karena perkembangan jaman dan teknologi yang semakin cepat, yang menyebabkan perilaku anak didik kita sulit dikontrol dan diarahkan, maka dari itu diadakan kegiatan caracter building ini dan nantinya para guru bisa mengimplementasikan kepada anak didik di masing-masing sekolah," ujarnya.

Darmawan menambahkan dengan caracter building ini diharapkan bisa memberikan motivasi kepada guru-guru untuk meningkatkan kinerja dalam melaksanakan tugas sebagai tenaga pendidik seiring dengan perkembangan teknologi seperti sekarang.

Lebih lanjut, Darmawan mengatakan, kegiatan ini sengaja di laksanakan dengan maksud dalam penerapan pola pendidikan ini, guru mampu mengembangkan model pembelajaran pendidikan karakter melalui pembinaan Seni Budaya lokal dimasing-masing sekolah  untuk menumbuhkan aktifitas dan kreatifitas siswa supaya tidak terpengaruh oleh hal hal yang tidak kita inginkan di era globalisasi ini.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, sangat mengapresiasi kegiatan caracter building tersebut. Bupati Suwirta mengajak para guru untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan bersungguh-sungguh. Bupati Suwirta mengatakan membangun karakter (caracter building) banyak komponen yang harus dilibatkan mulai dari institusi lembaga pendidikan, orang tua dan masyarakat sehingga bisa berjalan sesuai dengan harapan bersama. Kedepan, orang nomor satu di pemkab klungkung ini berharap kegiatan carakter building seperti ini agar rutin diadakan sehingga nantinya tenaga pendidik bisa memberikan pelayanan terbaik. *wan

Komentar