nusabali

Wabup Suiasa Hadiri HUT 2 ST di Kecamatan Mengwi

ST Eka Suwitra Banjar Kangin dan HUT ST Dwi Tunggal Banjar Puseh

  • www.nusabali.com-wabup-suiasa-hadiri-hut-2-st-di-kecamatan-mengwi

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri perayaan HUT dua sekaa teruna (ST) di wilayah Kecamatan Mengwi, Sabtu (23/11).

MANGUPURA, NusaBali

Pertama perayaan HUT ke-47 ST Dwi Tunggal Banjar Puseh, Desa Adat Sading, yang juga dihadiri anggota DPRD Badung I Nyoman Satria, perwakilan Camat Mengwi, Lurah Sading Ida Bagus Rai Pujawastra, Bendesa Adat Sading I Ketut Sudiarta serta tokoh masyarakat setempat.

Ketua Panitia I Putu Yudi Ananta Pratama melaporkan perayaan HUT ST Dwi Tunggal sekaligus dirangkaikan dengan pelantikan pengurus periode 2019- 2021. Jumlah anggota ST sebanyak 100 orang yang terdiri dari pelajar, mahasiswa maupun yang sudah bekerja. Anggota ST ini selalu aktif dalam kegiatan-kegiatan di banjar maupun desa adat.

Selanjutnya Wabup Suiasa menghadiri perayaan HUT ke-62 Sekaa Teruna (ST) Eka Suwitra Banjar Kangin, Desa Adat Sempidi. Acara ini juga dihadiri anggota DPRD Badung I Nyoman Satria, Camat Mengwi I GN Jaya Saputra, Lurah Sempidi IGAK Oka Dewi Pertiwi, serta tokoh masyarakat.

Ketua Panitia I Putu Alan Wahyu melaporkan, ST ini sudah berdiri sejak 18 November 1957, dengan anggota saat ini berjumlah 82 orang yang terdiri dari laki 54 orang perempuan 28 orang.

Dalam rangka menyambut HUT ST Eka Suwitra pihaknya masih aktif melakukan dan melestarikan Tri Hita Karana yaitu melakukan kegiatan di bidang Parahyangan, Pawongan, dan Palemahan di lingkungan banjar adat. ST Eka Suwitra juga menggelar aneka lomba, kejuaraan voli Eka Suwitra Cup VII, yang diikuti 6 tim bola voli.

Wabup Suiasa mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat dan ST karena bersatu mendukung program-program pemerintah di Kabupaten Badung. Pihaknya selaku Guru Wisesa selalu mendukung program-program ST karena akan menjadi generasi milenial dan penerus di lingkungan masyarakat dalam mengembangkan seni, adat, dan budaya sesuai dengan konsep Tri Hita Karana yaitu Parahyangan, Pawongan dan Palemahan.

Wabup Suiasa berpesan agar ST jangan sampai lupa dengan adat, karena adat di Bali memiliki Kuna Dresta, Desa Dresta, Loka Dresta. Semua dresta-dresta yang ada di Bali ini harus dilestarikan dengan baik.

Kedua perayaan HUT ST ini ditandai dengan pemotongan tumpeng serta penyerahan bantuan masing-masing sebesar Rp 29 juta oleh Wabup Suiasa. *

Komentar