nusabali

Pencurian Penyu di Tempat Konservasi Belum Terungkap

  • www.nusabali.com-pencurian-penyu-di-tempat-konservasi-belum-terungkap

Polsek Denpasar Selatan kesulitan mengungkap kasus pencurian puluhan penyu di tempat konservasi penyu Sindi Dwarawari, Jalan Pantai Sindu, Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan, pada 21 Oktober 2019 lalu.

DENPASAR, NusaBali

Polisi kesulitan karena minimnya petunjuk dan tak ada saksi di TKP.  Kapolsek Denpasar Selatan, Kompol I Nyoman Wirajaya, pada Rabu (20/11) mengungkapkan kejadian pada dini hari pukul 03.00 Wita itu hanya terekam kamera CCTV di dalam bak pemeliharaan. Sementara di luar tidak ada rekaman yang menunjukan adanya pencuri masuk ke tempat tersebut.  Meski sudah sebulan lamanya kasus tersebut tak terungkap, namun Kompol Wirajaya enggan menutup kasusnya.

Dia mengaku terus berkoordinasi dengan berbagai pihak, seperti BKSDA, Karantina, dan Imigrasi. "Saya tidak menutup kasusnya sampai pelakunya ditangkap. Kami sudah memeriksa semua rekaman kamera CCTV di sekitar TKP, tapi tidak ditemukan orang melintas setelah ada orang terekam kamera di TKP. Saya tak mau menduga-duga apakah pelakunya orang asing atau lokal," tuturnya.

Dugaan pencurian yang terjadi pada TKP itu menyebabkan tempat konservasi tersebut alami kerugian besar. Terdapat 24 ekor penyu yang hilang, terdiri dari 1ekor penyu lekang ukuran 45 cm, 1 ekor penyu sisik dengan ukuran 35 cm, 1ekor penyu hijau ukuran 35 cm, 3 ekor penyu lekang ukuran 25 cm, dan 3 ekor penyu sisik ukuran 10 cm. Selain itu 15 ekor tukik berusia 3 bulan juga raib.

"Kebetulan konservasi kami ini nggak kami jaga. Jadi, kami buka paginya mulai pukul 08.00 Wita dan tutupnya pukul 22.00 Wita. Akibat kejadian ini kami mengalami kerugian sebesar Rp 15 juta," tutur Wakil Ketua konservasi, I Made Winarta. *pol

Komentar