nusabali

Pengunjung Perpustakaan Dapat Hadiah Buku Hindu

  • www.nusabali.com-pengunjung-perpustakaan-dapat-hadiah-buku-hindu

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sediakan puluhan buku Hindu sebagai hadiah bagi pengunjung perpustakaan daerah.

AMALPURA, NusaBali

Syaratnya, pengunjung perpustakaan terdaftar sebagai anggota perpustakaan umum dibuktikan memiliki kartu anggota. Hadiah buku Hindu ini diharapkan mampu meningkatkan jumlah kunjungan ke perpustakaan dan program literasi semakin berkembang.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Karangasem I Wayan Astika mengatakan, buku-buku Hindu yang tersedia yakni Pedoman Upacara Nyapu Leger hasil paruman sulinggih. Memuja Tuhan dengan Sembahyang diterbitkan Bagian Kesra Setda Karangasem. Buku Pedoman Diksa Pariksa dan Puja Pali Buddha dihimpun oleh Ida Pandita Dukuh Celagi diperbanyak PHDI Karangasem. “Saya yakin banyak pengunjung perpustakaan umum berminat dengan buku itu. Silakan datang berkunjung, usai baca-baca perlihatkan kartu anggota dan pulang bawa buku Hindu,” ungkap Wayan Astika, Selasa (19/11).

Dikatakan, jumlah anggota perpustakaan umum sebanyak 2.268 anggota. Perpustakaan dilengkapi 6 komputer untuk internet gratis, tetapi belum mampu mengakses buku digital. Wayan Astika berharap dengan buku-buku Hindu itu generasi mileneal tak hanya kenal nama upacara tapi juga paham maknanya. Dikatakan, buku yang Hindu gratis itu jumlahnya terbatas. “Harapan saya buku gratis ini dibaca. Sehingga generasi muda tahu makna dan praktek dari yadnya yang digelar,” ungkapnya. Jika telah memahami makna upacara, mereka bisa menjelaskan kepada rekan-rekan satu sekolah atau tetangganya yang tidak sempat baca buku. Sehingga ilmu pengetahuan terus mengalir, tak hanya melalui baca buku, tetapi melalui informasi orang lain. *k16

loading...

Komentar