nusabali

Krama Ramai-ramai Pulang Kampung

Pujawali di Pura Penataran Ped, Nusa Penida

  • www.nusabali.com-krama-ramai-ramai-pulang-kampung

Krama asal Kecamatan Nusa Penida, Klungkung di rantauan beramai-ramai pulang kampung, Selasa (19/11).

SEMARAPURA, NusaBali

Kepulangan ini serangkaian mengikuti Pujawali di Pura Penataran Ped, Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, Buda Cemeng Kelawu, Rabu (20/11) ini.

Akibatnya, kondisi Pelabuhan Tradisional di Desa Kusamba, Kecamatan Dawan - Nusa Penida, mengalami peningkatan penumpang dari hari biasanya.

Perahu Boat yang malayani penyeberangan Desa Kusamba - Kecamatan Nusa Penida menambah jumlah penyeberangan. Hingga siang, pelabuhan sudah melayani penjual tiket hingga 15 kali penyeberangan (trip) dengan kapasitas muat sebuah boat dari 80 - 90 orang. Pada hari biasa rata-rata 6 trip dalam sehari.

Pantauan NusaBali, krama sudah mengantri untuk pulang kampung pada beberapa pelabuhan di Desa Kusamba, sejak pukul 05.00 Wita. Mereka menyeberang ke Nusa Penida. Sebagian besar krama yang pulang kampung selama ini berada di rantauan, sehingga mereka berangkat bersama keluarga. Bahkan supaya kebagian tiket mereka sudah menghubungi petugas boat untuk memesan tiket beberapa hari sebelumnya. “Saya pulang bersama tiga anggota keluarga, serangkaian Pujawali di Pura Pentaran Ped. Setelah pujawali, saya kembali merantau di Denpasar,” ujar seorang warga Nusa Penida, Dewa Merta.

Sementara itu, seorang pimpinan pengelola boat, I Nyoman Landep mengatakan sejak Senin (18/11) sudah ada peningkatan jumlah penumpang. Namun yang cukup membeludak pada Selasa (19/11), hingga 15 trip dari pagi sampai siang. Sedangkan pada hari biasanya rata-rata hingga 7 trip dalam sehari. “Rata-rata sebuah boat berisi 90 orang penumpang,” ujarnya. *wan

Komentar