nusabali

40 Kelompok Usaha Ikuti TKM Expo 2019

Nyoman Budiarta Pamerkan Usaha Galeri

  • www.nusabali.com-40-kelompok-usaha-ikuti-tkm-expo-2019

Sekitar 40 kelompok usaha Tenaga Kerja Mandiri (TKM) binaan Kementerian Tenaga Kerja mengikuti expo atau pameran produk hasil pemberdayaan TKM di BNDCC, Nusa Dua, Badung, Selasa (19/11).

DENPASAR, NusaBali

Kepala Seksi Pengembangan TKM, Widi Wijanarko mengatakan, puluhan kelompok usaha ini berasal dari seluruh Indonesia, lima kelompok diantaranya berasal dari Bali. Salah satunya, adalah Nyoman Budiarta yang tergabung dalam Yayasan Cahaya Mutiara Ubud. Budiarta yang penyandang difabel ini pamerkan usaha galerinya.

Widi menuturkan, expo ini merupakan tahapan ketiga dari pemberdayaan TKM. Mulanya, kelompok usaha ini diberi bantuan saran usaha dan pembekalan.

Hal tersebut meliputi saran apa saja yang bisa dikerjakan di daerah masing-masing. Kemudian diberi bantuan fasilitas apa saja yang dibutuhkan untuk mengerjakan produk tersebut. “Setelah diberdayakan dan ada hasilnya kita tingkatkan Bimtek kelembagaan dengan membentuk kelompok. Kita minta bukti produk mereka. Kemudian produknya dipamerkan di expo ini," katanya di sela-sela acara, Selasa (19/11).

Dijelaskan, kelompok TKM binaan Kemenaker pada tahun 2019 mencapai 1.600 kelompok, meningkat dari sebelumnya pada tahun 2018 sekitar 800 kelompok. “Program tenaga kerja mandiri merupakan salah satu program unggulan Kementerian Tenaga Kerja untuk memperluas kesempatan kerja bagi tenaga kerja formal dan informal. Jadi, untuk memberdayakan masyarakat yang menganggur agar mendapat pekerjaan dengan cara wisarusaha,” jelas Widi.

Direktur Pengembangan Perluasan Tenaga Kerja, Indyah Winasih memgatakan, kegiatan TKM Expo 2019 bertujuan untuk mendukung bahkan melakukan pendampingan terhadap kelompok-kelompok usaha dari manajemen hingga pemasaran. "Jadi kita ada tiga tahapan dalam hal ini. Tahapan pertama mereka diberi bantuan saran dan usaha dan pembekalan di daerah masing-masing. Kedua kita berikan Bimtek peningkatan kelembagaan, di tahap kedua ini perwakilan dari mereka kita undang untuk diberikan bimtek lanjutan. Ketiga kita minta bukti produk mereka, kalau produk mereka berkembang kita pamerkan dalam kegiatan expo ini," jelasnya.

Rencananya TKM Expo juga akan dihadiri oleh Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Ida Fauziah pada Kamis (20/11).

Sementara itu, Nyoman Budiarta, salah satu binaan TKM yang mengikuti expo ini mengaku sangat bersyukur menjadi bagiannya. Dia pun berharap ke depan yayasannya terus mendapat dulungan dari pemerintah. "Kami diikutkan ambil bagian dari kegiatan TKM ini karena usaha galeri yang sudah memiliki tempat tersendiri di masyarakat. Kami sangat bersyukur bisa ikut disini, apalagi besok akan ada menteri, semoga usaha galeri kita ini bisa terus didukung oleh pemerintah pusat ataupun provinsi," ujarnya. *isu

Komentar