nusabali

Malaysia Tambah Penderitaan Timnas

Shin Tae-yong Presentasikan Program

  • www.nusabali.com-malaysia-tambah-penderitaan-timnas

Lima laga selalu menelan kekalahan, Timnas makin terpuruk di posisi juru kunci dengan minus 13 gol.

KUALA LUMPUR, NusaBali

Timnas Indonesia makin terpuruk di dasar klasemen babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia grup G setelah dikalahkan Malaysia 2-0 di Bukit Jalil, Selasa (19/11).  Pemain depan Malaysia, Safawi Rasid, jadi bintang lapangan dengan mencetak dua gol. Gol pertama dicetak pada menit ke-30. Sedangkan gol kedua datang pada menit ke-73.

Sebaliknya Indonesia mendapat beberapa peluang emas sepanjang 2x45 menit. Namun tak ada yang bisa dikonversi menjadi gol. Bahkan saat Timnas Indonesia mendapat kesempatan mencetak gol melalui titik penalti, peluang itu gagal dijadikan gol.

Osas Saha yang ditunjuk menjadi eksekutor, tendangannya dapat ditahan oleh kiper Malaysia, Farizal Marlias. Skor 2-0 untuk keunggulan Malaysia bertahan hingga laga berakhir. Hasil ini membuat Indonesia makin terpuruk di klasemen Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan nol poin. Sementara bagi Malaysia tambahan tiga angka mendongkrak posisi menjadi peringkat dua dengan sembilan poin. Skuad Garuda datang ke Kuala Lumpur dengan bermodalkan empat kekalahan. Sebaliknya, Malaysia mendapatkan hasil positif dengan mengalahkan Tajikistan di laga uji coba, serta menaklukkan Thailand pada matchday keempat.

Sementara itu pada hari yang sama, PSSI melakukan pertemuan dengan pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong  membeberkan presentasi soal rencananya untuk tim Merah-Putih, di hadapan para petinggi PSSI seperti ketua umum Moch. Iriawan, wakil ketua umum Iwan Budianto, hingga sekretaris jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

Menurut keterangan PSSI, Tae-yong berani membawa rombongan tim pelatihnya ketika sukses membawa Korsel berjaya di Piala Dunia U-20 2019. Kebetulan, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah event tersebut, pada 2021 nanti.

“Bagi saya ini adalah sebuah tantangan. Saya tahu atmosfer sepakbola Indonesia sangat luar biasa dengan suporter yang fanatik. Saya juga melihat, pengurus federasi memiliki semangat yang kuat untuk membangun sepakbola Indonesia ke level yang tinggi," beber Tae-yong.

Menurut Iriawan, Tae-yong adalah sosok yang kompeten untuk bisa memimpin timnas Indonesia. Hal itu berdasarkan pengalaman dari yang bersangkutan, yakni pernah menukangi Korsel pada Piala Dunia 2018, di Rusia. "Timnas Indonesia membutuhkan pelatih yang andal. Shin Tae-yong salah satu pelatih yang memiliki prestasi dunia. Tentu kita akan mempelajari presentasi programnya. Keputusan akan diambil secara faktual dan objektif melalui rapat exco,” beber Iriawan. *

Komentar