nusabali

Generasi Muda Diajak Gelorakan Nilai-nilai Puputan Margarana

  • www.nusabali.com-generasi-muda-diajak-gelorakan-nilai-nilai-puputan-margarana

Napak tilas pataka atau panji-panji dan surat sakti Pahlawan Nasional Brigjen TNI (Anumerta) I Gusti Ngurah Rai yang dilakukan serangkaian Peringatan Hari Pahlawan dan Peringatan Puputan Margarana ke-73, tiba di Kabupaten Badung.

MANGUPURA, NusaBali

“Ini adalah momentum untuk mengenang kembali semangat kepahlawanan yang dilakukan para Pahlawan Kusuma Bangsa yang tergabung dalam pasukan Ciung Wanara, guna mempertahankan kemerdekaan,” ujar Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, saat upacara serah terima dari Asisten I Pemerintah Kota Denpasar I Made Toya kepada Badung, di Mangupura, Senin (18/11).

Selain itu, kegiatan napak tilas pataka/panji-panji dan surat sakti itu juga dapat menjadi momentum untuk menumbuhkan semangat juang kalangan generasi muda.

Dikatakannya, keberadaan generasi penerus pada saat ini merupakan hasil dari perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raga untuk kemerdekaan NKRI.

“Dengan demikian, kami harap napak tilas ini juga dapat menjadi renungan bagi kita semua untuk melanjutkan perjuangan yang telah dicapai dengan berusaha keras membangun dan mengisi dengan hal-hal yang positif,” tutur Wabup Suiasa.

Dalam perjalanan, setelah diterima dari Kota Denpasar, regu inti Pataka/Panji-Panji dan Surat Sakti Pahlawan I Gusti Ngurah Rai diarak menuju Monumen Tugu Pahlawan Cok Tresna dan mengikuti persembahyangan bersama di Desa Sobangan.

Kemudian Pataka/Panji-Panji dan Surat Sakti Pahlawan I Gusti Ngurah Rai disemayamkan di Puri Carangsari dengan kegiatan sarasehan yang akan diikuti oleh seluruh peserta napak tilas, sebelum melanjutkan kembali perjalanan menuju titik akhir di Kabupaten Tabanan pada 20 November mendatang dalam rangkaian peringatan puncak Hari Puputan Margarana. *ant, asa

Komentar