nusabali

BI Luncurkan Desa Wisata Tampaksiring

  • www.nusabali.com-bi-luncurkan-desa-wisata-tampaksiring

Program desa wisata yang terintegrasi di Tampaksiring sejalan dengan visi Indonesia Maju yang dicita-citakan Presiden Joko Widodo.

GIANYAR, NusaBali

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo meluncurkan Desa Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, sebagai desa wisata pertama di Pulau Dewata yang dikembangkan oleh bank sentral kantor perwakilan Bali itu. "Ini adalah wujud nyata kami semua, termasuk Gubernur BI yang dari desa ini, dan kami Dewan Gubernur mendukung semuanya. Kami ingin mendedikasikan ini kepada negeri. Ini adalah wujud nyata bahwa BI ingin berkontribusi nyata terhadap perekonomian nasional, bahwa BI ada di setiap makna kehidupan," kata Perry saat menyampaikan sambutan pada acara Peluncuran dan Penyerahan Bantuan Program Sosial Bank Indonesia di wantilan jaba Pura Kahyangan Tiga Pura  Dalem Agung Desa Adat Kawan Tengah Tampaksiring, Gianyar, Minggu (17/11/2019).

Program desa wisata yang terintegrasi di Tampaksiring tersebut, lanjut dia, sejalan dengan visi Indonesia Maju yang dicita-citakan Presiden Joko Widodo karena di sisi klaster pangan harganya bisa stabil, demikian juga produk UMKM bisa lebih maju dan dieskpor, yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Hari ini, kami ingin memberikan program sosial (CSR) Bank Indonesia untuk memajukan wisata. Sebetulnya Bali itu 'nggak usah dibantu sudah maju, 'kan sudah kaya-kaya, tetapi Bank Indonesia ingin berpartisipasi supaya Bali tambah kaya dari pariwisata," ucapnya.

Yang jelas, tambah Perry, kontribusi Bank Indonesia tidak hanya untuk menekan inflasi dan menjaga kestabilan nilai rupiah, tetapi juga mengembangkan UMKM dan pariwisata.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Bank Indonesia juga mengajak kalangan perbankan dan pariwisata untuk lebih bersinergi dalam menyalurkan dana CSR. "Gotong royong selalu memberikan hasil yang lebih baik daripada jalan sendiri-sendiri," ucap Perry yang di sela-sela acara juga turut berkeliling melihat produk-produk UMKM dan mencicipi kopi Kintamani yang disuguhkan salah satu UMKM. Perry pun mendorong agar pelaku UMKM go digital sehingga mempercepat penerimaan UMKM-nya dan produksinya pun meningkat. Apalagi UMKM dari Bali yang dibina Bank Indonesia sudah terkenal keunggulannya dari total 898 UMKM binaan BI di seluruh Tanah Air.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho mengatakan Desa Tampaksiring merupakan salah satu dari sekian desa yang berada di Provinsi Bali yang memiliki banyak potensi wisata yang populer. "Berbagai macam atraksi, baik alamnya yang indah, kebudayaan yang terinternalisasi dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, hingga atraksi warisan sejarah, ada di desa Tampaksiring dan sekitarnya. Salah satu yang dapat kita lihat saat ini adalah keberadaan Pura Dalem Agung yang telah berdiri sejak Abad ke-17," ujarnya.

Selain itu, di Tampaksiring ini juga terdapat lahan pertanian yang merupakan klaster binaan Bank Indonesia yaitu Subak Pulagan. Subak yang telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia inipun telah menjadi daya tarik atraksi wisata. Belum lagi ditambah keberadaan Istana Kepresidenan Tampaksiring juga memberikan nilai strategis bagi Desa Tampaksiring, karena Tampaksiring sering menjadi tempat singgah para kepala negara dunia dalam lawatannya ke Bali. "Program pengembangan Desa Wisata Tampaksiring yang coba diterapkan ini kami pandang penting karena Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali dapat mengintegrasikan program strategis peningkatan devisa pariwisata dengan program-program strategis lainnya yang saat ini menjadi prioritas Bank Indonesia," ucap Trisno.

Beberapa program tersebut antara lain pengembangan klaster pengendalian inflasi komoditas padi di Subak Pulagan, pengembangan sistem pembayaran non-tunai melalui elektronifikasi di beberapa titik pariwisata dan transaksi masyarakat seperti di Pasar Tampaksiring maupun kegiatan religi di pura.

Sementara itu Perbekel Tampaksiring I Made Widana menyatakan terimakasih atas program bantuan sosiali BI. Dia menyebutkan, nanti akan dibangun  tempat selfie yang menyerupai candi tebing berbahan bambu di depan Puri Tampaksiring. “Tiap akhir pekan nanti rencananya  akan ada atraksi kuliner,” ujarnya.

Dalam peluncuran Minggu kemarin, terlihat juga Dirut Bank BPD Bali I Nyoman Sudharma dan pimpinan perbankan lainnya. Sedangkan dari Pemkab Gianyar, hadir Wabup Gianyar Anak Agung Gde Mayun dan jajaran Pemkab Gianyar, pangelingsir, tokoh masyarakat dan warga setempat.*ant, k17

Komentar