nusabali

Akses Jalan Pura Segara Lokapaksa Rusak Parah

  • www.nusabali.com-akses-jalan-pura-segara-lokapaksa-rusak-parah

Jalan ini merupakan akses satu-satunya saat upacara melasti Desa Adat Lokapaksa, termasuk Desa Adat Ularahan dan Patemon di Kecamatan Seririt

SINGARAJA, NusaBali
Jalan sepanjang 1,2 kilomter arah utara menuju laut Desa Lokapaksa, Kecamatan Seririt, Buleleng rusak parah. Hampir seluruh aspalnya sudah mengelupas, sehingga saat dilewati cukup berguncang dan membuat sakit pinggang. Kerusakan jalan yang masuk aset jalan kabupaten Buleleng itu sudah sempat diajukan beberapa kali di Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Kecamatan Seririt, namun hingga kini belum mendapat prioritas.

Perbekel Desa Lokapaksa, Wayan Ariadi, Minggu (17/11/2019) kemarin mengatakan meski terlihat sepi, akses jalan menuju Pura Segara Desa Adat Lokapaksa ini merupakan jalan sangat penting. Selain merupakan akses jalan satu-satunya saat upacara melasti Desa Adat Lokapaksa, termasuk Desa Adat Ularahan dan Patemon di Kecamatan Seririt, jalan ini merupakan nadi pertanian dan pariwisata di Lokapaksa.  Hal itu terlihat jelas di sepanjang jalan dengan lebar 3 meter saat dilintasi dari arah selatan menuju utara terpampang lahan pertanian masyarakat setempat, baik padi hingga tanaman anggur. Di sisi timur jalan juga berjajar sejumlah pondok wisata yang sering menjadi tujuan wisatawan.

“Kerusakannya sudah sejak lama, sekitar akhir 2014 sudah mulai keropos aspalnya, sampai sekarang ya begini. Di tahun 2016 lalu jalan ini sudah dapat SK bupati dan masuk dalam aset jalan kabupaten,” jelas Perbekel Ariadi.

Pemerintah Desa Lokapaksa pun mengklaim jika perbaikan jalan ini sudah diusulkan beberapa kali. “Katanya sih sudah diprioritaskan melalui dialog langung Pak Bupati saat ada warga kami yang menanyakan, tetapi waktu kapan realisasinya kami belum tahu,” imbuh dia.

Tak hanya jalan menuju Pura Segara saja yang mengalami kerusakan. Kondisi yang sama juga sebut terjadi di dua ruas jalan lainnya yang mengubungkan Lokapaksa dengan desa lain. Seperti jalan di Banjar Dinas Sorga Lokapaksa yang tembus ke Ularan, serta jalan di Banjar Dinas Kembang Sari, Lokapaksa yang tembus ke Desa Pangkung Paruk, Kecamatan Seririt. Kedua akses jalan penghubung antar desa ini juga sudah menjadi aset jalan kabupaten dan sudah di SK-kan di tahun 2016 dan 2017 lalu. Bahkan jalan yang menuju Desa Ularan, Kecamatan Seririt Buleleng pernah ditanami pohon pisang oleh warga karena kerusakan jalannya sudah parah.

Sementara itu pemerintah Desa Lokapaksa pun berharap, penanganan perbaikan akses jalan di desanya dapat segera direalisasikan. Sehingga dengan jalan yang mulus akan memperlancar aktivitas masyarakat sehari-harinya. Terlebih bagi mereka yang menggunakan akses jalan untuk mengangkut hasil panen yang hasilnya untuk menafkahi keluarga.*k23

loading...

Komentar