nusabali

Suporter Ancam Boikot Timnas

Tiga Pilar Utama Malaysia Absen

  • www.nusabali.com-suporter-ancam-boikot-timnas

Ketidakpuasan ASIM merujuk pada kompetisi yang amburadul, jadwal terlalu padat, dan masih banyaknya orang lama dalam kepengurusan baru PSSI.

KUALALUMPUR, NusaBali

Sudah jatuh tertimpa tangga. Sudah terpuruk, dan terancam tanpa dukungan suporter sendiri di negeri orang.

Itulah gambaran laga Timnas Indonesia menghadapi Malaysia pada laga Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (19/11) besok.

Indonesia belum menorehkan satu kemenangan pun dalam empat laga kualifikasi Piala Dunia 2022. Mereka kalah 2-3 dari Malaysia, kalah 0-3 dari Thailand, kalah 0-5 dari Uni Emirat Arab, dan kalah 1-3 dari Vietnam.

Aliansi Suporter Indonesia di Malaysia (ASIM) pun memboikot pertandingan dan tidak akan mendatangi stadion sebagai tanda protes kepada PSSI.

"Sikap kami sesuai kesepakatan teman-teman saat kopi darat pertengahan bulan Oktober memutuskan tidak masuk ke tribun. Namun teman-teman akan tetap hadir di Bukit Jalil untuk menyuarakan aksi ketidakpuasan terhadap PSSI," ujar Ketua ASIM Luki Ardianto, dilansir Antara.

Ketidakpuasan ASIM merujuk pada kompetisi yang amburadul, jadwal terlalu padat, dan masih banyaknya orang lama dalam kepengurusan baru PSSI. Menurutnya, muka lama itu gagal pada periode sebelumnya dan mestinya mengundurkan diri dari PSSI.

"Juga persiapan Timnas Indonesia selama kualifikasi Piala Dunia ini seperti tidak serius diurusnya. Pemilihan pemain juga asal-asalan karena banyak yang tampil bagus di liga justru tidak direkrut," kata Luki Arddianto.

Kendati memboikot, Luki Ardianto menyatakan pihaknya akan tetap membantu suporter Timnas Indonesia yang datang ke Negeri Jiran dengan melakukan koordinasi dan menyediakan sejumlah bus menuju Stadion Bukit Jalil, baik saat datang dan pulang.

Meski terancam boikot supporter Indonesia, laga tersebut berpotensi menorehkan rekor baru dalam hal jumlah penonton. Hingga Minggu (17/11), Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) menginformasikan sudah lebih dari 74 ribu tiket pertandingan terjual.

Sementara menjelang laga, tiga pemain penting Malaysia absen dalam laga bergengsi kontra Timnas Indonesia. Pelatih Malaysia, Tan Cheng Hoe, mengungkap dua pemain yang dipastikan absen adalah Muhammad Syafiq Ahmad (penyerang) dan Matthew Davies (bek kanan), lantaran harus menjalani hukuman akumulasi kartu.

Satu pemain lagi terancam menepi Muhammad Syahmi Safari, yang cedera paha pada laga kontra Thailand (14/11).

Muhammad Syafiq Ahmad dan Matthew Davies merupakan langganan starter dalam empat laga Malaysia, termasuk saat mengalahkan Indonesia 3-2 (5/9). *ant

Komentar