nusabali

Februari 2020, Tiga Dermaga Dibangun di Bali

  • www.nusabali.com-februari-2020-tiga-dermaga-dibangun-di-bali

Sanur, Nusa Penida dan Nusa Lembongan menjadi segitiga emas yang dinilai bisa mendongkrak pariwisata Pulau Dewata.

DENPASAR, NusaBali.com

Kementerian Perhubungan bakal membangun tiga dermaga di Bali pada awal tahun 2020. Tiga dermaga tersebut adalah dermaga  Sanur, dermaga Nusa Penida, dan dermaga Nusa Lembongan. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan pembangunan tiga dermaga di Bali ditargetkan selesai pada akhir tahun 2020.  "Proses pengerjaannya akan dimulai pada Februari 2020 dan ditargetkan selesai akhir tahun 2020," ungkapnya, Jumat (15/11/2019) di Pelabuhan, Benoa, Denpasar. Hal ini, lanjutnya, diharapkan semakin mendongkrak pariwisata di Pulau Dewata.

Pasalnya tiga titik dermaga ini merupakan segitiga emas Pulau Bali yang menghubungkan Sanur dengan pulau Nusa Penida, Nusa Ceningan, dan Nusa Lembongan. Pulau-pulau ini merupakan gugus pulau yang terletak di tenggara Pulau Bali. Selama beberapa tahun belakangan ini, kepulauan ini semakin populer sebagai salah satu destinasi wisata yang layak dikunjungi. 

"Pembangunan dermaga menjadi sangat dibutuhkan untuk mengakomodir jumlah wisatawan di Bali yang semakin bertambah," ujarnya lagi. Ia menambahkan selain untuk pariwisata, dermaga ini juga dibutuhkan untuk menunjang kepentingan masyarakat setempat menuju pulau-pulau ini utamanya saat pelaksanaan upacara keagamaan.

Sementara itu saat kunjungan ke Bali pada Juli lalu dia menjelaskan, dana yang berasal dari APBN akan digunakan untuk membangun infrastruktur dasar. Tetapi untuk pembangunan infrastruktur tambahannya akan dilakukan dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) agar dapat dikelola lebih profesional.*has

Komentar