nusabali

23 Jam Kandas, KMP Tri Sakti Adinda Dievakuasi

  • www.nusabali.com-23-jam-kandas-kmp-tri-sakti-adinda-dievakuasi

Kapal Motor Penumpang (KMP) Tri Sakti Adinda yang kandas di perairan dangkal sekitar 1 mil dari Pelabuhan Gilimanuk, Rabu (13/11) pukul 23.00 Wita, akhirnya berhasil dievakuasi, Kamis (14/11) sekitar pukul 22.25 Wita.

NEGARA, NusaBali

Kapal yang sempat kandas selama 23 jam ini berhasil ditepikan ke Pelabuhan Gilimanuk,  Jembrana, setelah ditarik tug boat yang berusaha melakukan penarikan ketika terjadi air pasang.

Berdasarkan informasi, setelah lepas dari posisi kandas, kapal yang digandeng tug boat itu diarahkan bersandar di Dermaga LCM Pelabuhan Gilimanuk. Begitu sandar, satu per satu muatan  yakni 7 unit sepeda motor,  3 unit mobil, 6 unit truk, serta 4 unit tronton yang sempat tertahan di dalam kapal, diturunkan oleh masing-masing sopir. Para penumpang ini sempat tertahan di Pelabuhan Gilimanuk karena menunggu kendaraan mereka.

Kapolsek Kawasan Laut Gilimanuk Kompol I Gusti Nyoman Sudarsana, Jumat (15/11), mengatakan begitu selesai bongkar muatan, pihak Syahabandar Gilimanuk sempat melakukan pengecekan awal terhadap kondisi kapal. Sesuai hasil pemeriksaan Syahbandar, kapal yang sempat kandas lantaran mengalami masalah pada kemudinya itu dipastikan perlu diperiksa lebih lanjut di Pelabuhan Kepatang terkait kerusakan kemudi.

Karena tidak mungkin berangkat secara mandiri, jelas dia,  KMP  Tri Sakti Adinda itu juga harus ditarik dengan satu KMP untuk dibawa ke Pelabuhan Ketapang. KMP kandas itu diberangkat dari Pelabuhan Gilimanuk, Jumat pagi kemarin. “Setelah diperiksa, KMP Tri Sakti Adinda itu dibawa ke Ketapang, digandeng KMP Elfina tanpa muatan penumpang atau pun barang. Tadi, berangkat dari Gilimanuk sekitar pukul 09.30 Wita,” ujar Kompol Sudarsana. *ode

loading...

Komentar