nusabali

Kesatuan Gerak PKK- KKBPK Desa Bona Blahbatuh, Dinilai Tim Provinsi Bali

  • www.nusabali.com-kesatuan-gerak-pkk-kkbpk-desa-bona-blahbatuh-dinilai-tim-provinsi-bali

Tim Penilai Lomba Lomba Kesatuan Gerak (KG) PKK Provinsi Bali menilai PKK Desa Bona, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Kamis (14/11).

GIANYAR, NusaBali
Tim yang dipimpin Sekretaris TP PKK Provinsi Bali Ni Made Suastini, diterima Wakil Bupati Gianyar AA Gde Mayun, didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny Surya Adnyani Mahayastra, dan pejabat terkait di Wantilan Pura Puseh Desa Bona, Kamis (14/11).

Lomba Kesatuan Gerak (KG) PKK dipadu dengan lomba bidang Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga Kesehatan (KKBPK) dan BBGRM (Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat) Tingkat Provinsi Bali Tahun 2019. Wabup Agung Mayun pada kesempatan itu, mengatakan keberadaan PKK tidak bisa dipisahkan dengan pemerintah dalam menjalankan program-program pemberdayaan keluarga. Usaha yang tertuang dalam 10 program pokok PKK memang diimplementasikan  untuk meningkatan kesejahteraan keluarga.

Ditambahkan Agung Mayun, lomba ini juga sebagai usaha untuk lebih meningkatkan rasa gotong royong masyarakat dalam menghadapi lomba. Namun Wakil Bupati Gianyar ini juga menegaskan, lomba ini tidak semata-mata mengejar juara. Namun lebih pada kelanjutan untuk peningkatan kesejahteraan keluarga ke depan. Bagaimana kelanjutan setelah lomba, jangan sampai kader PKK hanya semangat saat lomba, namun setelahnya adem ayem.

“ Saya tidak ingin hanya semangat saat menghadapi lomba saja. Namun apa yang menjadi program-program dalam 10 Program pokok PKK dapat dimplementasi dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu saya sangat berharap agar mampu menampilkan yang terbaik, karena usaha yang terbaik pasti akan menghasilkan yang terbaik juga,” tegas Wabup. Agung Mayun.

Sekretaris TPPKK Provinsi Bali Ni Made Suastini mengharapkan agar pelaksanaan PKK senantiasa dapat terlaksana untuk mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera. Dia juga menyampaikan, penilaian lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan, dan lomba PKK dalam rangka HKG PKK tingkat Provinsi Bali terdiri dari sembilan jenis perlombaan.  Adapun perlombaan dari gerak PKK- KKBPK-Kesehatan terbagi menjadi empat jenis perlombaan yaitu lomba PKK-KKBPK- Kesehatan, Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat, Lomba Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), dan lomba Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di rumah tangga. Sedangkan untuk lomba PKK dalam rangka HKG dan Jambore terdiri dari Lomba Tertib Administrasi, Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), Lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K-PKK), Lomba Pemanfaatan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (Hatinya PKK), dan Lomba Visual dengan Asam Asetat ( IVA Test). Dengan kriteria tiga indikator berupa indikator input, indikator proses dan indikator output.

Ketua TP PKK Kabupaten  Gianyar Ny Adnyani Mahayastra mengatakan program yang dilaksanakan TP PKK Kabupaten Gianyar tentunya telah bersinergi dengan perangkat daerah, mengacu pada program pembangunan Kabupaten Gianyar. TP PKK secara rutin telah membina sekaligus mengevaluasi pelaksanaan 10 program pokok PKK. Program ini untuk menumbuhkan motivasi dan penguatan kelembagaan serta pemberdayaan masyarakat dan kemandirian PKK. Pelaksanaan 10 program pokok PKK juga untuk membangun masyarakat sejahtera.

Pada lomba kali ini, lomba bidang pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta kasih dan sayang  dalam keluarga diwakili Desa Petulu, Kecamatan Ubud. Sedangkan untuk pelaksana terbaik Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan diwakili oleh Desa Ketewel, Kecamatan  Sukawati, dan lomba-lomba lain diwakili Desa Bona, Kecamata  Blahbatuh. *lsa

Komentar