nusabali

Klungkung Terima Surat Sakti I Gusti Ngurah Rai

  • www.nusabali.com-klungkung-terima-surat-sakti-i-gusti-ngurah-rai

Kirab Panji-panji dan Surat Sakti pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai yang diusung rombongan dari Karangasem, tiba di Kabupaten Klungkung, Kamis (14/11).

SEMARAPURA, NusaBali

Kirab diterima melalui apel pasukan dipimpin  inspektur upacara Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta. Rombongan kirab dari Karangasem dipimpin Wakil Bupati Karangasem Wayan Arta Dipa. Hadir pula Panglingsir Puri Agung Klungkung Ida Dalem Semaraputra, para veteran, organisasi kemasyarakatan, jajaran ASN, pejabat di lingkungan Pemkab Klungkung dan TNI/Polri.

Upacara tersebut diisi pembacaaan surat Kapten JBT Konig dan Pimpinan Dewan Perjuangan Bali I Gusti Ngurah Rai. Acara serah terima ditandai dengan penandatanganan naskah serah terima dari Wabup Arta Dipa kepada Wabup Made Kasta, serta  serah terima Panji-panji dan Surat Sakti oleh masing masing pemimpin pasukan inti.

Seusai upacara, Wabup Kasta selanjutnya melepas Panji-panji dan Surat Sakti di depan Puri Agung Klungkung kemudian diarak keliling Semarapura, Klungkung. Pada malam hari Panji-panji dan Surat Sakti tersebut disemayamkan di Balai Budaya I Dewa Agung Istri Kanya. Ketua Panitia Ngurah Ambara mengatakan kegiatan ini untuk mengenang perjuangan salah satu Pahlawan Nasional yang berasal dari Bali yakni I Gusti Ngurah Rai. Kirab napak tilas awalnya dilepas Gubernur Bali Wayan Koster, 10 November 2019. "Kirab Panji-panji dan Surat Sakti ini telah melalui Kabupaten Jembrana, Buleleng dan Karangasem," katanya.

Wabup Made Kasta mengatakan semangat perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pahlawan utamanya I Gusti Ngurah Rai ini diharapkan dapat menjadi inspirasi para generasi muda, generasi penerus bangsa. "Untuk bersama sama berjuang bahu-membahu mengisi kemerdekaan dengan turut serta melakukan pembangunan di segala bidang," ujarnya. *wan

Komentar