nusabali

Pemkot Denpasar Gelar Bimtek Keprotokolan

  • www.nusabali.com-pemkot-denpasar-gelar-bimtek-keprotokolan

Wujudkan Dedikasi Maksimal dan Profesional Dalam Pelayanan

DENPASAR, NusaBali

Guna meningkatkan profesionalitas dan dedikasi dalam menjalankan tugas keprotokolan,  serta untuk meningkatkan koordinasi pelayanan,  Pemerintah Kota Denpasar melalui Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar menyelenggarakan Bimbingan Teknis Keprotokolan di Lingkungan Pemerintah Kota Denpasar.

Kegiatan yang juga menghadirkan OPD terkait di lingkungan Pemkot Denpasar ini dibuka oleh Sekda Kota Denpasar,  AAN Rai Iswara  di dampingi Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai di Ruang Praja Utama Kota Denpasar, Kamis  (14/11).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Disprindag Kota Denpasar Nyoman Sri Utari beserta Perwakilan OPD  Setda Kota Denpasar serta seluruh jajaran di Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar.  

Dalam sambutannya, Sekda Kota Denpasar,  AAN Rai Iswara mengatakan bahwa acara ini sangat penting dilakukan guna meningkatkan profesionalitas dan dedikasi dalam menjalankan tugas keprotokolan. Selain itu,  koordinasi antar OPD yang baik sangat diperlukan khususnya dalam menyambut tamu kenegaraan ataupun event internasional. Apalagi Denpasar sebagai ibu kota Provinsi Bali sering digelar acara acara yang berskala nasional bahkan internasional.

“Humas dan Protokol adalah garda terdepan dalam pelayanan informasi kehumasan dan keprotokolan,  sehingga acara ini sangat saya apresiasi,” kata Rai Iswara. Lebih lanjut disampaikan bahwa,  petugas protokol harus memiliki integritas yang tinggi, kapabilitas,  kemampuan manajerial, bertanggungjawab  serta komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik ini tentunya harus terus terjalin dengan baik khususnya dengan OPD dan stakeholder terkait, karena setiap tugas tentu harus melewati koordinasi dengan OPD terkait. Sehingga,  pengetahuan keprotokolan juga sangat penting diketahui oleh semua OPD.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar Dewa Gede Rai menambahkan bahwa sesungguhnya keberhasilan suatu acara tidak terlepas peran petugas protokol. "Untuk itulah seorang protokol harus mempunyai kemampuan, pengetahuan dan wawasan yang luas dan bisa sigap dalam mengambil keputusan di lapangan," kata Dewa Rai.

Sementara itu, ketua panitia penyelenggara Ni Made Sugiani yang juga Kasubag Perjalanan Dinas dan Protokol mengatakan bahwa kegiatan ini berlangsung 2 hari yaitu tanggal 14-15 November 2019, hari pertama  menghadirkan pembicara diantaranya Kepala Bagian Humas Protokol Setda Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai,  S.Sos, Msi, Santy Sastra Production, Putu Suprapti Santy Sastra dan Putu Dessy Fridayanthi, Dosen dari Universitas Udayana, Anak Agung Oka Saraswati.

Dalam kesempatan tersebut dikatakan bahwa, besar harapan acara ini dapat memberikan manfaat dan terciptanya peningkatan pelayanan keprotokolan dengan jumlah peserta 30 orang .  Selain itu, kerja sama dan koordinasi lintas OPD juga semakin terjalin dengan bekal yang sudah diberikan oleh pembicara.

Salah satu peserta Bimtek,  Ni Made Ayu Satyadirti dari perwakilan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar mengatakan,  acara ini sangat bermanfaat karena OPD juga kerap kali mengadakan acara internal yang mendatangkan tamu tamu penting.  “Acara ini sangat bermanfaat sehinga bisa memberikan pengetahuan tambahan terkait pentingnya tata tempat, tata acara dan komunikasi keprotokolan,” ungkapnya. *mis

Komentar