nusabali

Telan 10 Korban, Gelar Danu Kertih

  • www.nusabali.com-telan-10-korban-gelar-danu-kertih

Sejak 15 tahun lalu, ada 10 korban nyawa di sungai Songan, Banjar/Desa Adat Tegallinggah, Desa Tegallinggah, Kecamatan Karangasem.

AMLAPURA, NusaBali
Untuk membersihkan secara niskala, krama menggelar upacara Danu Kertih di Sungai Songan, Anggara Umanis Wayang, Selasa (12/11). Upacara dipuput Ida Pandita Rsi Bagawan Muninanda Saraswati dari Geria Asram Taman Loka, Banjar/Desa Tegallinggah, Kecamatan Karangasem.

Upacara membersihkan alur sungai ini ditandai mulang pakelem sehingga secara niskala air yang sempat tercemar akibat warga yang meninggal kembali bersih. Selama ini, beberapa kali ditemukan warga lanjut usia meninggal di sungai setelah sebelumnya dilaporkan hilang. Kelian Banjar Adat Tegallinggah I Komang Sudanta mengatakan, upacara ini juga untuk mendukung visi dan misi Gubernur Bali I Wayan Koster yakni Nangun Sat Kerti Loka Bali.

Caranya dengan menjaga sungai, tidak membuang sampah sembarangan ke sungai, tidak membuang kotoran rumah ke sungai. Sungai bukannya tempat membuang sampah. “Harapan ke depan, selain air kembali bersih dan suci, secara niskala juga tidak terulang lagi kasus nyemplung ke sungai hingga meninggal," tambahnya. *k16

loading...

Komentar