nusabali

Mohon Hujan, Sedahan Agung Gelar Upacara Mapag Toya

  • www.nusabali.com-mohon-hujan-sedahan-agung-gelar-upacara-mapag-toya

Sedahan Agung Kabupaten Tabanan menggelar ritual upacara Mapag Toya di Pura Luhur Batukau, pada Anggara Umanis Wayang, Selasa (12/11).

TABANAN, NusaBali

Mapag Toya digelar untuk memohon hujan mengingat musim kemarau yang panjang mengakibatkan petani di Tabanan kekurangan pasokan air.

Ketua Sedahan Agung Kabupaten Tabanan I Gusti Ngurah Supanji, mengatakan upacara Mapag Toya ini merupakan bagian dari pengaci subak, di mana sebelumnya pada Purnama Kapat lalu telah digelar upacara mulang pakelem di Pucak Kedaton.

“Maksud upacara Mapag Toya ini untuk memohon kepada Tuhan agar mapaica amertha (menganugerahkan hujan) melalui mata air sehingga petani dapat turun ke sawah,” ujarnya.

Dikatakan ritual upacara Mapag Toya diawali dengan matur piuning di Pura Penataran Luhur Batukau. Kemudian dilanjutkan menghaturkan sarana banten Mapag Toya di Pura Petengen dan Tukad Yeh Mawa yang masih berada di komplek areal Pura Batukau.

“Upacara Mapag Toya dipimpin oleh Kabayan Pura Luhur Batukau dan diikuti oleh pekaseh dan subak se-Kabupaten Tabanan,” tuturnya.

Mantan Kepala DPMD Tabanan ini menambahkan upacara tersebut juga sebagai ungkapan rasa terima kasih atas segala kekuatan yang diberikan Tuhan dalam menghadapi musim kemarau. Dan diharapkan setelah upacara Mapag Toya ini bisa turun hujan, aliran air di seluruh irigasi lancar dan dapat memberikan berkah bagi petani Tabanan. “Karena bagi kita sumber kehidupan adalah air, tentu saja jika Tuhan berkehendak pasti akan diberikan amertha untuk memberikan kesejahteraan,” tandasnya. *des

loading...

Komentar