nusabali

Bali Siap Kirim Kembali Manggis ke China

  • www.nusabali.com-bali-siap-kirim-kembali-manggis-ke-china

China minta 400 ton manggis, namun Bali hanya bias menyediakan 2 Ton untuk pengiriman di penutupan tahun.

DENPASAR, NusaBali

Setelah beberapa bulan jeda, Bali kembali siap mengekspor manggis ke China. Launching ekspor jelang penutup tahun ini direncanakan pekan ini. Paling tidak 2 ton manggis Bali siap dikirim, untuk memenuhi tingginya permintaan pasar China.

“Mereka (China) sudah meminta agar ada rekomendasi dari Pemprov Bali,” ujar Ketua DPD  Asosiasi Pelaku Hortikultura Indonesia(Asperhorti) Bali I Wayan Sugiarta, Sabtu (9/11/2019).

Sepanjang yang diketahui Sugiarta, permintaan rekomendasi dari Pemprov untuk pertama kalinya dari pihak pengimpor produk horti. “Ini kemungkinan untuk lebih meyakinkan akan kualitas produk (manggis),” jelas Sugiarta.

Ekspor manggis ini akan menggunakan nama asosiasi, yakni, Aspehorti Bali.  Walaupun yang menyediakan produknya adalah perusahan hortikultura. “Permintaan manggis dari China sedang tinggi, karena pasokan dari Thailand  yang notabene pesaing Bali informasinya seret,” ungkap Sugiarta.

Jelas ini merupakan peluang bagi Bali untuk menggenjot ekspor, sehingga meraih semakin banyak devisa dari ekspor komoditas hortikultura. “Permintaan dari pasar China sekitar 400 ton,” ungkapnya.

Hanya saja karena belum musim puncak panen, Bali belum  bisa memenuhi permintaan pasar seluruhnya. November ini baru mengawali musim panen. Sedang puncaknya diperkirakan Januari tahun depan. “Istilahnya baru nyeladi (mulai awal). Sedang buah manggis  yang kecil masih banyak,” terang Sugiarta.

Untuk diketahui manggis merupakan salah satu produk andalan ekspor Bali ke China.  Ekspor manggis sempat jeda, karena berakhirnya musim sekitar 6 bulan lalu. Kemarau panjang  juga berimbas pada mundurnya musim panen manggis. Biasanya pada Oktober sudah mulai panen, namun karena kemarau panjang, berimbas pada pertumbuhan buah manggis. “Astungkara sekarang sudah mulai siap ekspor,” kata Sugiarta. *k17

loading...

Komentar