nusabali

SMPN 2 Manggis dan SMPN 2 Kubu Juara Pramuka

  • www.nusabali.com-smpn-2-manggis-dan-smpn-2-kubu-juara-pramuka

SMPN 2 Manggis di kelompok putri dan SMPN 2 Kubu di kelompok putra, menjuarai lomba Pramuka ‘Widyaloka Elite Scout Tournament Penggalang 2019’.

AMLAPURA, NusaBali

Lomba serangkaian HUT ke-36 SMAN 2 Amlapura ini digelar di SMAN 2 Amlapura Jalan Untung Surapati Amlapura, Jumat (8/11).

Regu putri SMPN 2 Manggis dan regu putra SMPN 2 Kubu berhak atas Piala Bergilir Bupati Karangasem setelah mengumpulkan skor tertinggi. SMPN 2 Manggis mengumpulkan skor 2.400, mengungguli pesaingnya SMPN 2 Kubu dengan skor 2.150, dan SMPN 1 Kubu dengan skor 1.600.

Skor tertinggi di kelompok putri yang dibukukan SMPN 2 Manggis, dari nomor senam Pramuka, pioneering (membuat menara mini), lomba individu, dan semaphore.

Misalnya SMPN 2 Manggis memenangkan nomor lomba individu west 2019 dengan skor 2.381, mengalahkan peringkat kedua SMPN 3 Rendang dengan skor 2.226 dan peringkat ketiga SMPN 2 Kubu dengan skor 2.171, dari 13 SMP Negeri yang ambil bagian di lomba itu.

Sedangkan di kelompok penggalang putra Piala Bergilir Bupati Karangasem dimenangkan regu SMPN 2 Kubu A setelah dalam rekap nilai membukukan skor 3.000, justru yang dikalahkan rekannya SMPN 2 Kubu B dengan skor 1.950 dan peringkat ke4tiga SMPN 1 Kubu dengan skor 1.000.

Regu SMPN 2 Kubu A mengumpulkan skor tertinggi setelah menang di nomor semaphore skor 150, nomor individu dengan skor 1.680. dan meraih skor di beberapa nomor lainnya sehingga terakumulasi skornya 3.000.

Regu SMPN 2 Manggis di bawah binaan Kamabigus (Ketua Majelis Pembimbing Gugus) Ni Wayan Parwati, I Ketut Mawa, dan Ni Nyoman Rusni, melakukan persiapan optimal sebelum berlaga.

"Anak-anak rutin melakukan persiapan, tetapi menghadapi lomba ini, secara khusus melakukan persiapan selama seminggu," jelas I Ketut Mawa.

Gelar juara ini katanya memotivasi untuk lebih optimal berlatih menghadapi lomba-lomba berikutnya yang tingkatannya lebih tinggi, yakni lomba Pramuka Tingkat Provinsi Bali.

Ketua Panitia Widyaloka Elite Scout Tournament 2019, I Gede Nova Digayana mengatakan, lomba yang baru pertama memperebutkan Piala Bergilir Bupati Karangasem, persaingannya cukup ketat. "Setidaknya lomba ini juga selain memotivasi adik-adik penggalang, juga untuk mengetahui pemetaan pembinaan Pramuka di Karangasem," kata Digayana, siswa kelas XI MIPA1.

Persaingannya selama ini katanya dari SMPN 2 Manggis, dan SMPN 2 Kubu. Sebenarnya yang diunggulkan SMPN 1 Amlapura dan SMPN 3 Bebandem, kali ini prestasinya kurang beruntung.

Kamabigus SMAN 2 Amlapura, I Nengah Miyasa, juga mengapresiasi para peserta lomba dari 13 SMPN se-Karangasem yang telah mampu menunjukkan kemampuannya. "Secara kualitas sebenarnya kemampuannya merata, tahun depan akan saya undang lebih banyak lagi peserta agar persaingannya meningkat," katanya. *k16

loading...

Komentar