nusabali

16.000 Pelanggan Rumah Krisis Air

Pipa PDAM Klungkung di Rendang Putus

  • www.nusabali.com-16000-pelanggan-rumah-krisis-air

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan pemintaan maaf kepada masyarakat Klungkung karena matinya air PDAM selama beberapa hari.

SEMARAPURA, NusaBali

Sebuah pipa ukuran 350 mm milik PDAM Tirta Mahottama Klungkung di Kecamatan Rendang, Karangasem, putus, sejak Jumat (8/11) malam. Sedikitnya, 16.000 sambungan rumah (SR) atau pelanggan di Kecamatan Klungkung, mengalami krisis air.

Untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari pasca pipa putus itu, warga terpaksa membeli air kemasan, mencari lewat sumber mata air hingga mandi ke aliran sungai. PDAM juga keliling ke beberapa titik untuk mendistribusikan air kepada masyarakat. Hal ini dilakukan sembari petugas memperbaiki pipa yang putus tersebut.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta turut mengecek proses perbaikan pipa itu di Kecamatan Rendang, Minggu (10/11). Dirut PDAM Tirta Mahottama Klungkung I Nyoman Renin Suyasa mengatakan, kebocoran pertama diketahui pada Jumat (8/11) sekitar pukul 19.00 Wita. Setelah diketahui adanya kebocoran, Tim PDAM Klungkung langsung memperbaiki kerusakan tersebut sampai dini hari. "Esok harinya, pipa tersebut selesai diperbaiki. Namun saat pompa dihidupkan, penyambung pipa penyalur air alami kerusakan karena tekanan gravitasi balik yang sangat tinggi, serta umur penyambung pipa yang sudah tua sehingga pipa tersebut mengalami jebol untuk kedua kalinya," ujarnya.

Kata Renin, penyambung pipa sudah lama diganti baru, dan ditambah pengelasan agar sambungan lebih kuat untuk menahan tekanan air tesebut. Renin menyebut kerusakan pipa ini berdampak  pada 16.000 sambungan rumah yang menggunakan air di jalur sistem perpompaan mata Air Rendang.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan pemintaan maaf kepada masyarakat Klungkung karena matinya air PDAM selama beberapa hari. Pihaknya masih berupaya keras untuk segera memperbaiki kerusakan agar krisis air bisa segera teratasi. Dalam tinjauannya, semua tim dan pengawas sudah bekerja keras untuk memperbaiki kerusakan tersebut. “Semoga ini bisa segera diselesaikan, agar tidak mengganggu aktivitas masyarakat Klungkung,” ujar Suwirta.

Jelas Bupati, ke depan Pemkab akan membahas revitalisasi infrastruktur PDAM Klungkung di Kecamatan Rendang bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Klungkung, untuk capaian 100 persen air bersih di Klungkung dan di tahun 2021 minimal tercapai 95 persen. *wan

Komentar