nusabali

Anugerah Musik Bali Akan Digelar Februari 2020

  • www.nusabali.com-anugerah-musik-bali-akan-digelar-februari-2020

Ada 21 kategori yang disediakan bagi musisi yang karyanya didaftarkan paling lambat 30 November 2019.

DENPASAR, NusaBali.com
Bali, memiliki bentuk apresiasinya tersendiri terhadap seniman musik. Terlebih untuk musik yang tak hanya musik tradisional, namun juga musik modern di berbagai genre. Salah satunya, melalui Anugerah Musik Bali yang akan diadakan untuk kedua kalinya pada Februari 2020 mendatang. 

Anugerah Musik Bali (AMB) merupakan ajang para musisi Bali mendapatkan penghargaan atas karyanya setelah melalui proses nominasi. Pendaftaran musisi dan karya musisi tersebut berlangsung selama sepanjang tahun, yakni dari 1 Desember hingga 30 November tahun berikutnya. Adapun pendaftaran dilakukan melalui website AMB www.anugrahmusikbali.com yang di luncurkan pada press conference di Loh Café & Eatery pada Jumat (8/11/2019).

Dalam press conference ini, hadir Gede Bagus, inisiator AMB yang pada kesempatan ini ditemani oleh para komite pelaksana AMB yaitu Wibi Nugraha, I Made Adnyana, Dhani Chaniago, Putra Mahardika, bersama komite tamu yakni Gandhi Frans. Gede Bagus menekankan, bahwa ini merupakan bentuk apresiasi seniman khususnya bagi para musisi Bali. “Penghargaan ini bukan dilihat sebagai sebuah kompetisi tapi sebagai bentuk penghargaan, jadi ada satu wadah tempat kita berkumpul da nada penghargaannya,” ujar Gede Bagus.

Salah satu syarat agar karya musik atau musisi agar bisa terdaftar di AMB ini yaitu karyanya harus sudah terpublikasi di platform YouTube. Nantinya, karya dan musisi yang terdaftar ini akan memasuki salah satu dari 21 kategori yang tersedia. Tak hanya ditentukan oleh komite, pemenang penghargaan ini juga akan melibatkan voting masyarakat untuk beberapa kategori yang merupakan ‘favorit’, seperti kategori  Solo/ Duo/ Grup/ Kolaborasi terfavorit, dan kategori Lagu Berbahasa Bali terfavorit. “Jadi ada tiga kategori yang ditambah dari tahun lalu. Tahun lalu kita ada 18 kategori, dan tahun ini nambah lagi 3,” lanjut Gede Bagus. 

Nantinya, acara puncak Anugerah Musik Bali akan dilaksanakan di bulan Februari. Yang berbeda dari pelaksanaan AMB sebelumnya, yaitu adanya sejumlah rangkaian event sebelum malam puncak AMB 2020. Di antaranya, yaitu Road to AMB 2020 berupa talkshow yang diadakan di sejumlah daerah denagn tema beragam, salah satunya yaitu ‘Pentingnya Publikasi bagi Musisi’. Lalu, mendekati malam anugerah, akan ada Fun Walk with Stars, yang merupakan acara jalan santai bersama para bintang musisi Bali pada 23 Februari 2020 pagi. Adapun malam anugerah juga akan berlansung pada malam hari di tanggal yang sama.*yl

Komentar