nusabali

Badung Gelar Liga Voli Desa

  • www.nusabali.com-badung-gelar-liga-voli-desa

Kejuaraan diikuti 44 tim, yang terdiri dari 36 tim putra dan 8 tim putri. Jika peserta terus meningkat, berarti klub bolavoli di Badung kian berkembang, terutama di desa-desa.

MANGUPURA, NusaBali
Pengkab Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Badung kembali menggelar Liga Voli Desa. Kejuaraan Bolavoli Antar Desa se Badung itu untuk memperingati HUT ke-10 Kota Mangupura. Kejuaraan tahunan itu diikuti 44 tim, yang terdiri dari 36 tim putra dan 8 tim putri. Dibandingkan tahun sebelumnya, jumlah klub voli yang mengikuti terus mengalami peningkatan. Peserta tahun lalu 38 tim, yang terdiri dari 32 tim putra dan 6 tim putri.

"Jika peserta terus mengalami peningkatan, berarti klub bolavoli di Badung kian berkembang, terutama di desa-desa," ungkap Ketua Umum PBVSI Badung, AA Kusimantara, Kamis (7/11).

Menurut Kusimantara, pembukan direncanakan pada Minggu (10/11) di GOR Purna Krida, Kerobokan, Badung. Rencananya dibuka Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta. Turnamen itu menggunakan sistem setengah kompetisi.

Menurut Kusimantara, di bagian putra bertanding lebih dulu. Begitu masuk delapan besar di putra, baru mempertandingkan di bagian putri. Sebab, peserta di putra cukup banyak.

"Sebenarnya peningkatan peserta tidak hanya di putra saja, putri juga meningkat pesertanya tambah dua tim. Sedangkan di putra pesertanya tambah empat tim," terang AA Kusimantara.

Kusimantara yang juga jaksa di Provinsi NTB itu menegaskan, untuk kejuaraan voli kali ini tiap peserta boleh menggunakan tiga pemain senior. Namun yang boleh tampil di lapangan hanya dua orang dalam satu tim.

Hal itu dimaksudkan juga untuk berkolaborasi dengan pemain muda kelahiran 1999. Yakni, maksimal usianya 20 tahun di luar senior. Rinciannya, libero dua pemain dan kuota satu tim maksimal 14 pemain. Batasan usia pemain ditetapkan karena untuk proyeksi Porprov 2021 di Badung.

"Saat Badung selaku tuan rumah Porprov, batasan usia pemain voli kelahiran 1999. Jadi Porpov nanti tidak ada lagi istilah pemain senior," tegas AA Kusimantara.

Hal itu, kata Kusimantara, mengacu proyeksi PON 2024 agar pemain hasil Porprov Badung 2021 dapat diturunkan untuk PON Sumut dan Aceh. Menurutnya, Badung memang bergerak sejak awal.

“Mencari bibit-bibit pemain voli handal. Tidak untuk andalan di Porprov dan PON, tapi juga untuk event nasional," papar AA Kusimantara. *dek

loading...

Komentar