nusabali

Persiapan Musim Hujan, BPBD Pangkas Pohon Mati

  • www.nusabali.com-persiapan-musim-hujan-bpbd-pangkas-pohon-mati

Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tabanan memangkas sejumlah pohon perindang mati di jalur Denpasar – Singaraja pada Rabu (6/11). Pohon ditebang karena dikhawatirkan akan tumbang dan menimbulkan korban jiwa.

TABANAN, NusaBali

Apalagi pada November ini sudah masuk musim hujan. Penebangan pohon mati dan perompesan pohon dilakukan bekerja sama dengan pihak ketiga seperti kecamatan dan instansi lain. Sebab BPBD Tabanan belum memiliki skylift truck akibat keterbatasan anggaran.

Kepala BPBD Tabanan I Gusti Ngurah Sucita, mengatakan untuk melakukan penebangan pohon diturunkan 8 anggota TRC. Juga dibantu Babinsa dan sejumlah petugas relawan Tagana wilayah setempat. “Pemangkasan kami gunakan alat manual dan mesin senso kayu, karena alat tersebut memungkinkan menjangkau pohon yang dipangkas,” tegas Sucita.

Selama kegiatan pemangkasan memang sempat terjadi penutupan arus lalulintas yang dibantu Babinsa dan relawan Tagana untuk mengatur. “Pohon yang kami pangkas kami kumpulkan terlebih dahulu di pinggir jalan, dan nantinya akan diambil oleh pihak ketiga yang diajak kerjasama dalam pemotongan tersebut,” imbuhnya.

Diterangkannya, penebangan pohon rutin dilakukan untuk mengurangi beban pohon saat musim penghujan dan angin kencang tiba. “Perompesan dan penebangan dilakukan untuk mengurangi beban pohon agar tidak tumbang,” ucapnya.  Masyarakat yang hendak bepergian juga diimbau untuk selalu memperhatikan kondisi cuaca. *

loading...

Komentar