nusabali

Bantu Korban Bencana, BPBD Bali Bagikan Bantuan Rp 1,08 M

  • www.nusabali.com-bantu-korban-bencana-bpbd-bali-bagikan-bantuan-rp-108-m

BPBD Provinsi Bali bagikan bantuan Rp 1,087 miliar bagi 155 korban gempa bumi, puting beliung, dan tanah longsor di halaman Kantor BPBD Karangasem, Selasa (5/11).

AMLAPURA, NusaBali

Para korban mendapat bantuan beragam tergantung kerusakan mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 15 juta. Khusus fasilitas umum sebesar Rp 10 juta hingga Rp 15 juta. Bantuan diserahkan oleh Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Bali I Gusti Lanang Putra Sunandika didampingi Sekretaris BPBD Karangasem I Putu Eka Tirtana.

Gusti Lanang Putra Sunandika mengatakan, bantuan yang diterima korban bencana gempa bumi yang terjadi Minggu (5 Agustus 2018) telah lama diusulkan oleh BPBD Karangasem. Begitu juga usulan untuk korban puting beliung dan tanah longsor. Bantuan cukup lama direalisasikan karena menunggu anggaran di APBD Provinsi Bali 2019. Petugas juga wajib melakukan survei ke lapangan untuk mengecek laporan dengan kenyataan. Tujuannya agar di kemudian hari tidak ada temuan. “Karena banyaknya usulan, maka survei ke lapangan juga memerlukan waktu cukup lama,” ungkapnya.

Bangunan yang paling banyak rusak adalah akibat gempa. Baik gempa yang bersamaan di Lombok Utara, NTB, dan akibat Gunung Agung erupsi sejak 22 September 2017. Bantuan diberikan pemerintah sekadar untuk meringankan beban korban, untuk biaya perbaikan rumah. “Saya merasa bersyukur dapat bantuan, rumah saya telah lama rusak akibat gempa,” ungkap I Nyoman Widya. Korban tanah longsor juga mengaku bersyukur dapat bantuan. “Rumah saya tertimpa longsor saat musim hujan tahun lalu, mudah-mudahan bencana itu tidak terulang kembali,” harap Ketut Serinu, warga Banjar Babakan, Desa Gegelang, Kecamatan Manggis. *k16

loading...

Komentar