nusabali

Pohon Tumbang Timpa Panyengker dan Kabel Listrik

  • www.nusabali.com-pohon-tumbang-timpa-panyengker-dan-kabel-listrik

Panyengker rumah I Wayan Sutama, 60, di Banjar Abiansoan, Desa Bungaya Kangin, Kecamatan Bebandem, Karangasem, roboh tertimpa pohon tumbang, Senin (4/11) sekitar pukul 05.30 Wita.

AMLAPURA, NusaBali

Material tembok panyengker menutupi gang yang merupakan akses jalan warga. Satu lagi pohon mangga tumbang di jalan Amlapura-Singaraja, Desa Ababi, Kecamatan Abang sekitar pukul 07.00 Wita. Pohon mangga ini menimpa kabel listrik milik PT PLN.

Pasca bencana, Wayan Sutama melapor ke petugas TRC (Tim Reaksi Cepat) BPBD Karangasem. Berselang beberapa menit datang petugas dipimpin Kepala Pelaksana BPBD Ida Ketut Arimbawa. Lokasi kejadian berjarak sekitar 2 kilometer dari Sekretariat TRC BPBD. Pohon tumbang sepanjang 20 meter dan diameter 40 cm. Petugas memotong dahan dan ranting pohon itu. “Hujan belum merata turun, telah disertai adanya pohon tumbang,” ungkap Ida Ketut Arimbawa.

Dikatakan, BPBD masih sibuk menyuplai bantuan air ke warga di pegunungan. “Petugas kami bagi, ada membawakan warga air bersih, ada yang menangani pohon tumbang,” ungkapnya. Di daerah Kecamatan Kubu dan sekitarnya belum turun hujan. Sedangkan dari bagian selatan seperti Kecamatan Manggis, Kecamatan Selat, Kecamatan Bebandem, dan Kecamatan Karangasem mulai turun hujan itu pun intensitasnya kecil di malam hari.

Sedangkan pohon mangga yang tumbang di Banjar/Desa Ababi sempat menutupi sebagian badan jalan. Pohon mangga panjang 5 meter, diameter 17 cm, milik I Komang Ngurah. Pohon ini juga menimpa kabel milik PT PLN. Sebelum melakukan penanganan, BPBD terlebih dahulu minta bantuan petugas PT PLN agar saluran listrik diputus sementara. “Setiap ada pohon tumbang dan menimpa kabel PLN, wajib berkoordinasi ke petugas PLN agar aliran listrik diputus sementara. Begitu dinyatakan aman, barulah anggota TRC BPBD melakukan penanganan,” jelasnya. *k16

loading...

Komentar