nusabali

Dewan Apresiasi Pemerintah Concern Tuntaskan Semua Program Prioritas

  • www.nusabali.com-dewan-apresiasi-pemerintah-concern-tuntaskan-semua-program-prioritas

DPRD Kabupaten Badung menggelar rapat paripurna masa persidangan ketiga, Senin (4/10), dengan agenda penjelasan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta terhadap enam rancangan peraturan daerah (ranperda).

MANGUPURA, NusaBali

Enam ranperda yang dibacakan Bupati meliputi Ranperda tentang APBD Kabupaten Badung Tahun Anggaran 2020, Ranperda tentang Perubahan Kedua atas Perda Nomor 13 Tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Semesta Berencana Kabupaten Badung Tahun 2016-2021, Ranperda tentang Perubahan atas Perda Nomor 14 Tahun 2011 tentang Pajak Parkir, Ranperda tentang Perubahan Kedua atas Perda Nomor 17 Tahun 2011 tentang Pajak Hiburan, Ranperda tentang Perubahan Kedua atas Perda Nomor 25 Tahun 2011 tentang Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga, serta Ranperda tentang Penetapan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Badung.

Ketua DPRD Badung I Putu Parwata usai memimpin sidang, mengungkapkan Bupati telah menjelaskan fokus pelaksanaan APBD 2020 mendatang. Meski tahun 2019 ini beberapa kegiatan yang telah dirancang tidak bisa terlaksana. “Tahun 2020 nanti eksekutif concern (perhatian) agar semua prioritas tuntas,” ujarnya didampingi Wakil Ketua I Made Sunarta.

Kata Parwata, pendapatan daerah tahun 2020 dirancang sebesar Rp 6,8 triliun dan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 6,03 triliun. “Sepenuhnya oleh pemerintah dirancang digunakan untuk memenuhi dan menyelesaikan program-program prioritas yang telah tertuang dalam RPJMD Semesta Berencana,” katanya.

“Jadi 2020 semua akan dituntaskan. Kami apresiasi langkah-langkah Bapak Bupati ini,” imbuh politisi PDIP ini.

Dikatakannya, dokumen yang telah disampaikan oleh eksekutif, 88 persen pendapatan digunakan untuk pembangunan Badung. Pendapatan sepenuhnya digunakan untuk menuntaskan lima program prioritas. Yakni bidang pangan, sandang dan papan; kesehatan dan pendidikan; jaminan sosial dan ketenagakerjaan; seni, adat, agama dan budaya; serta pariwisata.

Parwata mencontohkan, bidang pendidikan yang semestinya 20 persen, Badung merancang 22,97 persen. Kemudian, kesehatan yang semestinya 10 persen, Badung sudah merancang 18,40 persen. “Ini sangat luar biasa, kepedulian pemerintah terhadap kesejahteraan masyarakat,” kata Sekretaris DPC PDI Perjuangan Badung ini.

Pada rapat paripurna kemarin, dewan juga memberikan penjelasan terhadap lima ranperda inisiatif yang dibacakan Kepala Bapemperda I Nyoman Satria. Lima ranperda tersebut yakni Penguatan Program Bidang Sandang, Pangan, dan Papan; Penguatan Program Bidang Kesehatan dan Pendidikan; Penguatan Program Bidang Jaminan Sosial dan Ketenagakerjaan; Penguatan Program Bidang Adat, Budaya, dan Keagamaan; serta Penguatan Program Bidang Pariwisata. *asa

loading...

Komentar