nusabali

Persdosri Gelar Seminar Kesehatan Tentang Osteoartritis

  • www.nusabali.com-persdosri-gelar-seminar-kesehatan-tentang-osteoartritis

Salah satu masalah kedokteran yang paling sering terjadi

DENPASAR, NusaBali.com

Perhimpunan Dokter Spesialis Rehabilitasi Medis Indonesia (PERDOSRI) cabang Bali Nusa Tenggara menggelar seminar OA Genu & Live Show Rehabilitation Management, Sabtu (2/11/2019). Seminar yang mengusung topik 'Rehabilitation Perspective In Managing Knee Osteoarthritis' ini dilangsungkan di Gedung Widya Sabha A.A. Djelatik, Fakultas Kedokteran Unud, Denpasar.

Seminar ini membahas OA atau Osteoartritis, penyakit degeneratif yang menyerang persendian. Selain masyarakat umum, sejumlah dokter, mahasiswa, perawat, fisiopraktis turut hadir dalam seminar ini.

Ketua Persri Bali Nusa Tenggara sekaligus ketua pelaksana seminar, Bagus Diva Indra Dharma menyampaikan seminar ini digelar untuk memberikan informasi pada peserta terkait hal-hal seputar Osteoartritis. "Pasalnya, kasus Osteoartritis sendiri merupakan salah satu masalah kedokteran yang paling sering terjadi," ungkap Bagus.

Ia mengatakan Osteoartritis paling sering terjadi pada orang tua, meskipun bisa terjadi juga pada orang dewasa dari segala usia. "Sebagian besar kasus Osteoartritis dialami pada usia lebih dari 50 tahun. Pada usia di bawah 50 tahun bisa saja terjadi lebih dini tergantung aktivitas sehari-hariya," paparnya.

Karena itu pihaknya menyebut penting bagi masyarakat untuk mengetahui apa saja yang perlu dilakukan untuk menghindari risiko terkena Osteoartritis. "Penting untuk memberikan edukasi pada masyarakat untuk menghindari risiko Osteoartritis, salah satunya dehan pola hidup sehat dan untuk menjaga persendian," katanya.

Tak hanya itu seminar ini juga membahas mengenai gejala Osteoartritis sehingga nantinya bisa ditangani lebih dini. Sejumlah gejala dan tanda Osteoartritis antara lain nyeri pada persendian. Baik itu pada ada lutut, sendi-sendi tangan, punggung, pinggul sendi di punggung bawah. "Nyeri ini dapat menimbulkan masalah dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan menurunkan kulitas hidup secara signifikan. Sehingga penting untuk melakukan penanganan sedini mungkin apabila terjadi gejala-gejala tersebut" ujarnya.

Hadir sebagai pembicara dalam seminar ini sejumlah dokter yabg berpengalaman menangani berbagai kasus menyangkut Osteoartritis. Mereka adalah Cok Dalem Kurniawan, Dedi Silakrma,  Bagus Diva Indra Dharma, I Kt. Gd. Agus Budi Wirawan, Sisca Susantio, Ari Wibawa, dan Nyoman Eta Rismawati.*has

loading...

Komentar