nusabali

Hujan Guyur Baturiti, Sampah Meluber ke Jalan

  • www.nusabali.com-hujan-guyur-baturiti-sampah-meluber-ke-jalan

Musim hujan sudah tiba. Sejumlah daerah khususnya di Kabupaten Tabanan sudah turun hujan.

TABANAN, NusaBali

Di Kecamatan Baturiti hujan mengguyur selama dua jam hingga membuat sampah meluber ke jalan pada, Sabtu (2/11). Kondisi ini seperti terlihat di Banjar Pacung, dan Banjat Baturiti Kelod Desa/Kecamatan Baturiti.

Mantan Perbekel Baturiti, I Ketut Matra, menjelaskan hujan di Desa Baturiti terjadi pukul 14.00 Wita dan berlangsung selama 2 jam. Hujan memang cukup deras sehingga membuat sampah meluap ke jalan. "Sampah meluap terjadi di Banjar Pacung, Banjar Baturiti Kelod dan di seputaran Pasar Baturiti," ujarnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan desa dan kecamatan. Rencananya, Minggu (3/11) pagi akan ditangani. "Besok pagi (hari ini) kami akan tangani, sampah meluap karena hujan cukup deras," jelas Matra, calon perbekel yang terpilih kembali pada Pilkel 2019 ini.

Sementara di sisi lain BPBD Kabupaten Tabanan sebelumnya telah menyebar surat imbauan kepada relawan di kecamatan untuk waspada dalam mengatasi musim hujan yang diprediksi datang pada bulan November ini. "Kami sudah sebar untuk sama-sama ikut berpartisipasi dalam mengatasi kebencanaan," ujar Kepala BPBD Tabanan, I Gusti Ngurah Sucita.

Sementara untuk sarana prasarana pendukung penanganan bencana, seperti alat berat, BPBD telah siaga dengan alat berat. Bahkan telah bersurat pada OPD terkait seperti dinas PU untuk menyiapkan alat berat. "Kami sudah minta untuk stand by terkait alat berat sehingga kalau dibutuhkan bisa langsung dibantu," terangnya.

Terkait ancaman bencana tanah longsor, Sucita mengatakan dari data BPBD setidaknya ada sejumlah wilayah yang berpotensi, seperti Baturiti, Penebel dan Pupuan. Pihaknya juga mengimbau agar masyarakat juga tetap meningkatkan kewaspadaan untuk meminimalisir adanya korban jiwa. "Kita tentu tidak berharap sampai terjadi bencana, tetapi paling tidak lebih meningkatkan kewaspadaan," tandas Sucita. *des

loading...

Komentar