nusabali

Senator Diminta Membawa Persoalan Daerah ke Pusat

  • www.nusabali.com-senator-diminta-membawa-persoalan-daerah-ke-pusat

Ketua DPD RI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, menegaskan agar para senator mengangkat permasalahan daerah ke tingkat pusat.

JAKARTA, NusaBali

Bukan sebaliknya membawa isu nasional ke daerah. Dengan begitu, permasalahan-permasalahan di daerah dapat mereka perjuangkan.

"Saya berharap, semua senator melihat, mencermati, mengidentifikasi dan menemukan jalan keluar persoalan-persoalan di daerah untuk selanjutnya kita sampaikan kepada pemerintah sebagai masukan," ujar La Nyalla, Sabtu (2/11).

Oleh karena itu, kata senator dari Jawa Timur tersebut, DPD RI perlu menjalin komunikasi dengan semua lembaga negara, terutama pemerintah demi mempercepat pembangunan di daerah. Apalagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan akan menjalankan konsep pembangunan dengan pendekatan Indonesia Sentris, yakni pendekatan yang merata alias tidak hanya di Pulau Jawa.

"Karena sejatinya, wajah Indonesia adalah wajah dari 34 provinsi dari Sabang sampai Merauke," imbuh La Nyalla. La Nyalla pun mengingatkan, DPD RI lahir berkat konsensus politik nasional. Di mana tujuannya memperkuat perwakilan daerah di tingkat nasional, selain perwakilan politik melalui DPR RI.

Untuk itu, sinergisitas antara para senator harus dilakukan pula demi terealisasinya aspirasi rakyat yang disampaikan kepada mereka. "Gagasan dasar pembentukan DPD RI adalah menjembatani kepentingan daerah dengan kebijakan nasional sekaligus memberi peran yang lebih besar kepada daerah dalam pengambilan keputusan politik yang berkaitan langsung dengan daerah," ucap La Nyalla. *k22

loading...

Komentar