nusabali

Semeton Jegeg Bagus Badung Baksos Mangrove

  • www.nusabali.com-semeton-jegeg-bagus-badung-baksos-mangrove

Baksos menjadi bentuk kepedulian Semeton Jegeg Bagus Badung terhadap isu-isu mengenai lingkungan hidup. 

MANGUPURA, NusaBali.com
Serangkaian program-program oleh semeton Jegeg Bagus Badung, Sabtu (2/11/2019) dilaksanakan acara bakti sosial berupa pembersihan dan penanaman mangrove di kawasan Kampoeng Kepiting, Tuban, Kuta.  Selain diikuti oleh para semeton Jegeg Bagus angkatan 2019, acara ini juga diikuti oleh ratusan siswa-siswi SMP, SMA, dan turut hadir pula beberapa komunitas peduli lingkungan, seperti komunitas Trash Hero. 

Sekolah-sekolah yang hadir pada acara ini antara lain yaitu SMP 1 Kuta, SMA dan SMK Widyatmika.  Adapun para siswa-siswi sekolah ini kebanyakan merupakan anggota grup pecinta lingkungan Sispala di sekolah masing-masing. “Kita ingin menunjukkan bahwa organisasi Jegeg Bagus Badung ini bukan hanya bernaung di bidang pageant saja, tapi kita juga bisa terlibat dalam berbagai bidang, salah satunya dalam bidang pelestarian lingkungan seperti penanaman pohon yang sangat berdampak bagi lingkungan,” ujar Ketua Panitia kegiatan bakti sosial ini, I Komang Heryawan Trilaksana. 

Kegiatan ini diawali dengan penyuluhan singkat dari Ketua Kelompok Nelayan Wanasari, Agus Diana. Dalam penyuluhan singkat ini yang selalu dilakukan setiap kegiatan penanaman mangrove ini, Agus Diana kembali mewanti-wanti mengenai betapa pentingnya mangrove bagi kelestarian ekosistem laut, yang antara lain sebagai habitat biota-biota laut, sebagai penyedia oksigen, pencegah abrasi, dan penyerap racun jenis timbal bagi beberapa spesies mangrove.

Kegiatan penanaman mangrove sebagai program bakti sosial ini dipilih berdasarkan pertimbangan bahwa saat ini isu lingkungan merupakan isu yang tengah hangat dibicarakan. “Sebenarnya bentuk bakti sosial itu banyak, ada sumbangan ke panti asuhan, ada donor darah, tapi setelah berdiskusi dengan kelompok, kami memilih penanaman bakau karena memang isu-isu lingkungan sedang hangat-hangatnya,” lanjut Komang Heryawan. 

Kegiatan ini menuai banyak respons positif dan dukungan dari berbagai pihak, terbukti dengan banyaknya sponsor yang turut serta bergabung menyokong kegiatan ini. Nantinya, Semeton Jegeg Badung akan mengadakan kegiatan serupa secara berkesinambungan, bersama dengan sederet program lain dalam kalender kerja Jegeg Bagus Badung.*yl

loading...

Komentar