nusabali

Tim KSPAN Bali Nilai SMP 3 Banjarangkan

  • www.nusabali.com-tim-kspan-bali-nilai-smp-3-banjarangkan

Tim Provinsi Bali menilai SMPN 3 Banjarangkan yang mewakili Klungkung dalam Lomba Kelompok Siswa Peduli Aids dan Narkoba (KSPAN) tingkat Provinsi Bali tahun 2019 di, Jumat (1/11) pagi.

SEMARAPURA, NusaBali

Acara ini dihadiri Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta dan anggota DPRD Klungkung Sang Nyoman Putra Yasa, dan para undangan.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutannya dibacakan Wabup Kasta, mengatakan kader KSPAN menjadi pelopor bagi seluruh pelajar untuk mengerti dan paham akan bahaya HIV/Aids. Kader KSPAN nanti yang menyalurkan informasi cara pencegahan dan penanggulangan kepada semua siswa akan bahayanya HIV/Aids dan penyalah gunaan obat terlarang.

"Melalui kegiatan ini kami harapkan dapat memberi pemahaman terhadap pelajar akan pentingnya bahaya  HIV/AIDS dan narkoba. Jika kita mengabaikan situasi ini maka resiko besar akan dihadapi kelompok usia remaja yang berdamapak buruk pada generasi penerus bangsa.” ujar Wabup Kasta.

Kata Wabup Kasta, berbagai upaya sudah dilakukan untuk menghambat laju penularan HIV di Klungkung. Salah satunya melalui pembinaan KSPAN di seluruh SMP dan SMA/SMK di Kabupaten Klungkung. Kegiatan ini bekerja sama dengan instansi terkait dan Forum Guru Pembina KSPAN tingkat SMP dan SMA/SMK.

Kepala Sekretariat KPA Provinsi Bali Made Suprapta MM mengatakan masalah HIV/Aids, dan narkoba yang dihadapi semakin berkembang dan kompleks. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali tercatat ada ribuan kasus HIV/Aids dan hal itu sangat memprihatinkan dan dibutuhkan perhatian bersama. "Melalui lomba ini, kami berharap bisa dijadikan kegiatan kreativitas dalam membangun jejaring kerja, baik antar siswa, guru, forum guru, pembina KSPAN, serta sebagai upaya untuk menyusun strategi untuk meningkatkan peran pembinaan KSPAN dalam penanggulangan AIDS/HIV, dan narkoba melalui jalur sekolah," ujar Made Suprapta.

Kepala SMPN 3 Banjarangkan I Ketut Sudasma mengatakan, pendidikan kesehatan dengan menekankan pada pencegahan dan penanggulangan bahaya HIV/Aids dan narkoba, baik secara formal dalam pembelajaran maupun aktivitas kurikulum dan ekstrakulikuler. "Penanaman karakter kepada siswa melalui kegiatan KSPAN adalah tujuan kami. Dengan lomba KSPAN ini kita tingkatkan kepedulian terhadap bahaya HIV/AIDS dan Narkoba, " ujarnya. *wan

Komentar