nusabali

Duel Bali vs NTB di Blahkiuh

Kejurnas Renang Gubernur Cup 2019

  • www.nusabali.com-duel-bali-vs-ntb-di-blahkiuh

Perenang asal NTB dan Bali cukup sering beradu. Namun perenang Bali masih diunggulkan. Seperti sebelumnya, para perenang Bali keluar sebagai juara umum pada kejuaraan di Mataram.

DENPASAR, NusaBali

Pengprov Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Bali memastikan dua provinsi, Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB) duel pada Kejuaraan Renang Gubernur Cup 2019, yang dibuka Gubernur Bali Wayan Koster pada Jumat (8/11), di Kolam Renang Tirta Harum, Blahkiuh, Badung.

Kejuaraan diikuti sebanyak 515 peserta dan mereka akan bertarung selama tiga hari dan erakhir Minggu (10/11). Kejuaraan menggelar lima kategori Kelompok Umur (KU).  Yakni, Kelompok Umur I (Senior), KU II (Usia 15 tahun), KU III (13 tahun), KU IV (8-10 tahun), dan KU V (8 tahun kebawah).

"Ke-515 peserta itu anggota perkumpulan renang dan sekolah di Bali. Sedangkan peserta dari NTB ada tiga perkumpulan renang," ucap Ketua Umum Pengprov, PRSI, Bali Nyoman Agus Aryadi, di Badung, Jumat (1/11).

Menurut Agus Aryadi, total ada 23 perkumpulan atau klub ambil bagian. Dari 5 KU itu total memperebutkan 126 medali emas. Untuk memantapkan event pertama kalinya itu, PRSI Bali didampingi Ketua Umum KONI Bali dan jajaran pengurus menghadap Gubernur Bali, Wayan Koster di kantornya.

Dari hasil pertemuan orang nomor satu di Bali itu menyambut baik kejuaraan tersebut. Dan, dijadwalkan akan membuka secara resmi event bergengsi tersebut.

"Hasil audensi dengan Bapak Gubernur, Wayan Koster, beliau menyatakan siap membuka kejuaraan renang tersebut. Artinya sinyal dukungan positif dari Pemerintah telah ada. Karena ini event memakai nama tajuk Kejurnas Gubernur Cup juga," terang Agus Aryadi.

Dengan dukungan pemerintah dan kerja keras panitia, Agus Aryadi berharap event tersebut berjalan lancar dan sukses. Yakni, minimal dari target peserta sangat tercapai. Jika buka untuk provinsi lainnya bisa melebihi target. Tapi panitia menyesuaikan kapasitas penunjang kolam renang juga.

“Panjang kolam memang memang sesuai standar, fasilitas di sekitarnya mesti dipertimbangkan juga. Sehingga peserta jangan sampai lebih dari 600 atlet," papar Agus Aryadi.

Agus Aryadi berharap ajang ini bagus untuk persiapan Krapsi di Jakarta pada 14 Desember. Perenang asal NTB dan Bali cukup sering beradu. Namun perenang Bali masih diunggulkan. Seperti sebelumnya, wakil Bali keluar sebagai juara umum pada kejuaraan di Mataram.

"Sampai saat ini perenang Bali masih mendominasi saat melawan perenang NTB. Kalau juara umum kami masih tetap yakin," papar Agus Aryadi.

Agus juga menegaskan, event ini terselenggara tidak lepas dari usulan dan dukungan perkumpulan renang di Bali. Pada KU IV dan V arahnya memang pencarian bibit-bibit perenang muda potensial di Bali. Sedangkan kategori KU I untuk senior untuk persiapan event di tingkat nasional.  "Gubernur Cup I ini memang event yanh ditunggu-tunggu bagi perenang di Bali," tegas Agus Aryadi.*dek

Komentar