nusabali

Blangko KTP-el Kosong di Badung

  • www.nusabali.com-blangko-ktp-el-kosong-di-badung

Stok blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) di Pemkab Badung kosong. Kondisi ini sudah terjadi sejak beberapa hari lalu.

MANGUPURA, NusaBali

Meski begitu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Badung sudah mengusulkan ke pemerintah pusat.

“Sudah beberapa hari ini habis blangkonya. Memang kita dapat jatah terbatas dari pemerintah pusat,” kata Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Badung Putu Suryawati, Jumat (1/11) kemarin.

Suryawati pun menegaskan sudah mengusulkan blangko baru ke pemerintah pusat. “Kami sudah usulkan ke pusat, mudah-mudahan Selasa (5/11) mendatang sudah tersedia lagi blangkonya,” katanya.

Berdasarkan arahan dari pemerintah pusat, kata Suryawati, pencetakan KTP-el hanya diprioritaskan untuk pembuatan baru atau warga yang sama sekali belum memiliki KPT-el. Sebab, stok blangko terbatas. Tapi bukan berarti pencetakan untuk perubahan elemen data tidak dilayani. “Tetap kami tetap layani,” tegasnya.

Disinggung terkait data warga yang telah mengantongi KTP-el, Suryawati mengungkapkan hingga Juni 2019 ini, dari total jumlah pendudukan Badung 488.325 orang, wajib KTP 370.244, sudah rekam KTP 368.705, belum rekam KTP 1.539, sudah cetak KTP 367.458 dan belum cetak KTP 1.247.

Nah, untuk mempercepat proses perekaman, Disdukcapil rutin membuka pelayanan administrasi lainnya ke desa, bahkan ke rumah-rumah warga secara langsung. “Dengan cara ini tentu perekaman akan lebih cepat,” tandasnya. *asa

Komentar