nusabali

Ada Nama Jennifer Dunn dan Chatherine Wilson

5 Artis Terima Mobil Mewah dari Wawan

  • www.nusabali.com-ada-nama-jennifer-dunn-dan-chatherine-wilson

Komisaris Utama PT Balipasific Pragama (BPP) Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan didakwa melakukan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan menyamarkan dalam bentuk pembelian kendaraan bermotor.

JAKARTA, NusaBali

Dari sejumlah pihak yang menerima kendaraan bermotor itu, terdapat sederet nama selebritas dalam surat dakwaan. Salah satunya artis Jennifer Dunn atau yang akrab dipanggil Jedun.

Jaksa menyebutkan Wawan membeli satu unit mobil Toyota Vellfire tahun 2013 warna putih senilai Rp910 juta atas nama Jenifer Dunn. "Pembayaran mobil dilakukan secara tunai melalui bilyet giro BNI sebesar Rp910 juta ke PT Duta Motor," ujar jaksa.

Selain Jedun, Wawan juga membeli mobil BMW 320i AT E90 CKD pada 2011 atas nama Aima Diaz. Namun mobil itu dijual Aima pada 2013 seharga Rp235 juta. Ada pula pembelian mobil Honda CRV sebesar Rp383 juta pada 2012 atas nama penyanyi Rebeca Soejatie Reijiman. Mobil itu kemudian dijual Rebeca pada April 2013 senilai Rp258 juta.

"Kemudian pembelian mobil Nissan Elgrand 2.5 WD atas nama Catherine Wilson pada Mei 2012 yang dibeli Wawan seharga Rp650 juta," kata jaksa seperti dilansir cnnindonesia.

Wawan juga disebut membeli mobil Mercedes Benz C200 K AT seharga Rp575 juta pada tahun 2009 atas nama Reny Yuliana. Mobil itu tak lama dijual Reny senilai Rp284 juta.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun membuka kemungkinan memanggil mereka untuk bersaksi dalam persidangan.

"Memang ada beberapa saksi yang perlu kami perdalam karena di penyidikan sudah diperiksa sekitar 500 orang saksi, tapi tidak mungkin semuanya dihadirkan di persidangan. Jadi, nanti kita simak bersama sidangnya, saksi-saksi yang relevan untuk membuktikan tindak pidana korupsi dan pencucian uangnya termasuk aliran dana ke mana, tentu akan kami dalami," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, seperti dilansir cnnindonesia, Kamis (31/10).

Selain mengatasnamakan para selebritas, Wawan juga membeli mobil atas nama dirinya sendiri maupun PT BPP.

Hasil TPPU Wawan, lanjut jaksa, juga disamarkan dengan mentransfer sejumlah uang ke rekening-rekening atas nama orang lain, nama Wawan sendiri, PT BPP, maupun perusahaan di bawah kendali Wawan.

Jaksa merinci sejumlah rekening yang menjadi tempat penyimpanan hasil TPPU Wawan di antaranya yakni menempatkan uang di rekening orang kepercayaannya, Yayah Rodiah. Uang tersebut salah satunya digunakan untuk membayar aset Wawan.

Dari hasil penelusuran jaksa, ada pula catatan transfer ke beberapa rekening di antaranya ke rekening Jennifer Dunn.

"Terdakwa juga menempatkan uang di rekening atas nama Airin Rachmi Diany selama kurun waktu 2010-2013," kata jaksa.

Wawan merupakan suami dari Airin, Bupati Tangerang Selatan, sekaligus adik dari mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. *

Komentar