nusabali

Kawanan Bangau Mangsa Bibit Ikan

  • www.nusabali.com-kawanan-bangau-mangsa-bibit-ikan

Petugas UPT Dinas Perikanan Kecamatan Selat, Karangasem kesulitan mengusir kawanan bangau yang memangsa bibit ikan di kolam setempat.

AMLAPURA, NusaBali

Bangau dengan mudah memangsa ikan-ikan kecil itu karena berenang di permukaan. Kolam juga tanpa jaring. Kadis Perikanan Karangasem I Ketut Artama mengatakan, UPT Dinas Perikanan Kecamatan Selat di Banjar Biaung, Desa Duda, memiliki 24 kolam. Sebagian berisi induk karper dan bibit nila, sebagian lagi tempat pembibitan karper dan nila. Begitu karper bertelur, telurnya dipindahkan agar menetas jadi bibit. Jika telur karper dibiarkan, maka dimangsa induknya. Sedangkan bibit nila dipindahkan apabila telah menetas dari telurnya.

Selama ini bibit kedua ikan itu jadi sasaran burung-burung bangau. Burung bangau dengan mudah memangsanya karena bibit ikan itu berenang di permukaan. Sedangkan kolam yang berisi bibit ikan tanpa ada perlindungan, tanpa ditutupi jaring, sehingga bangau leluasa mengintai bibit ikan. “Memang sifatnya insidentil, bangau itu datang memangsa bibit ikan. Jika dipasangi jaring, petugas kesulitan saat menangkap bibit atau memindahkan bibit,” kata Ketut Artama, Kamis (31/10).

Terpisah, Kepala Tata Usaha UPT Dinas Perikanan Kecamatan Selat I Gede Pasek Widiadnyana mengakui bangau datang setiap saat memangsa bibit ikan. “Memang sulit menghalau kedatangan bangau, apalagi lokasi kolam berdampingan dengan sawah,” kata Gede Pasek Widiadnyana. Persoalan lain dihadapi UPT Dinas Perikanan Kecamatan Selat, setiap musim tanam padi, air yang mengalir ke kolam UPT kecil sehingga tidak optimal mampu mengairi 24 kolam yang ada. “Airnya terus mengalir, tetapi kecil dan bibit ikan dengan mudah dimangsa bangau karena kolam agak dangkal,” katanya. *k16

loading...

Komentar