nusabali

Ngaben Massal Gratis Berlanjut di Kecamatan Negara

  • www.nusabali.com-ngaben-massal-gratis-berlanjut-di-kecamatan-negara

Pemkab Jembrana bersama Majelis Desa Adat (MDA) Jembrana, kembali menggelar program ngaben massal gratis.

NEGARA, NusaBali

Setelah di Kecamatan Jembrana dan Kecamatan Pekutatan, ngaben massal gratis dilanjutkan di Desa Kaliakah, Kecamatan Negara.

Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan, usai menghadiri ngaben massal di Kecamatan Negara pada Wraspati Wage Bala, Kamis (31/10), mengatakan, program ngaben massal gratis di masing-masing kecamatan ini baru pertama kali digelar pada 2019. Program ini bertujuan membantu umat. “Jadi ini program baru tahun ini. Tujuannya untuk meringankan beban umat. Kita prioritaskan untuk krama miskin,” ujarnya.

Menurutnya, program ngaben massal gratis yang pendanaannya dibantu Pemkab Jembrana sebesar Rp 200 juta di masing-masing kecamatan, ini akan berlanjut setiap tahun. Sebelum di Kecamatan Negara, ngaben massal gratis juga sudah dilaksanakan di Kecamatan Jembrana dan Kecamatan Pekutatan, dan akan menyusul di Kecamatan Mendoyo dan Kecamatan Melaya. “Gratis tanpa boleh ada pungutan lainnya. Karena Pemkab Jembrana sudah menanggung biaya seluruhnya. Tinggal partisipasi umat secara kolektif mensukseskan,” ucapnya.

“Kalau mengacu pada visi Bapak Gubernur, program ngaben massal ini termasuk atma kertih. Jadi tidak hanya melaksanakan yadnya, juga akan menguatkan krama Bali, yakni bergotong-royong. Warga yang jarang bertemu pada akhirnya bisa akrab, serta menambah persaudaraan,” ungkapnya.

Dari tataran pelaksanaan, sambung Wabup Kembang, ngaben massal akan lebih efisien waktu dan biaya daripada digelar secara individu. “Umat tidak perlu gengsi. Tidak perlu jor-joran, karena esensinya sama, sepanjang dilandasi niat dan pemikiran yang suci melaksanakan yadnya,” ucapnya.

Ketua Panitia Ngaben Massal Kecamatan Negara I Made Sudama, bersyukur dengan adanya program ngaben kolektif gratis ini. Menurutnya, dalam ngaben massal biasanya masing-masing peserta membayar Rp 3 juta. Namun dengan program dari Pemkab Jembrana, ini semuanya gratis. Krama hanya dibebankan untuk ngayah serta swadaya membantu persiapan upakara.

Ngaben massal gratis di Kecamatan Negara diikuti 165 peserta yang terdiri dari 70 peserta nyekah, dan 95 peserta ngelungah. Selain dihadiri Wabup Kembang, juga hadir Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemprov Bali I Ketut Adiarsa mewakili Gubernur Bali, sera Camat Negara I Wayan Andi Suka Anjasmara. *ode

loading...

Komentar