nusabali

Peringati Hari Habitat Dunia, BPPWB Gelar Aksi Bersih-bersih di Tabanan

  • www.nusabali.com-peringati-hari-habitat-dunia-bppwb-gelar-aksi-bersih-bersih-di-tabanan

Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bali (BPPWB) melaksanakan aksi bersih-bersih di areal pemukiman warga Desa Bantas, Kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan, Kamis (31/10).

TABANAN, NusaBali

Kegiatan ini dalam rangka Hari Habitat Dunia (HHB) dan Hari Kota Dunia (HKD) 2019 yang bertujuan mengajak dan menggerakkan seluruh pemangku kepentingan dalam rangka menyiapkan permukiman guna mendukung pembangunan perkotaan berkelanjutan di seluruh dunia.

Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 09.00 Wita dibuka oleh Kasubag Tata Usaha Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bali AA Ngurah Budi Arnaya di TPS 3 R, Desa Bantas, Kecamatan Selemadeg Timur. Hadir pula Pejabat Fungsional Teknik Penyehatan Lingkungan Madia BPPWB, Staf Ahli Bupati Tabanan I Ketut Subrata Suyasa, Kepala Dinas LH Tabanan I Made Subagia, Camat Selemadeg Timur I Putu Adi Supraja, dan undangan staf dari BPPWB.

Pejabat Fungsional Teknik Penyeharan Lingkungan Madia BPPWB Ida Bagus Lanang Suardana, mengatakan aksi bersih-bersih ini serangkaian Hari Habitat Dunia (HHD) dan Hari Kota Dunia (HKD) 2019. HHD dan HKD merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh semua negara anggota PBB termasuk Indonesia.

Di Indonesia dipusatkan di Waduk Jatiluhur, Provinsi Jawa Barat, yang digelar bersamaan pada 29–31 Oktober 2019. Sedangkan di Bali dilaksanakan di areal pemukiman penduduk Desa Bantas, Kecamatan Selemadeg Timur.

Kata dia, dipilih Kabupaten Tabanan karena dari awal Tabanan telah berkomitmen menghabisi sampah utamanya sampah plastik. Sehingga pihaknya ingin mengumandangkan bahwa sampah itu tidak kotor, tetap berguna jika pintar memanfaatkan. “Sekarang kami bersih-bersih bukan memungut sampah plastik saja, tetapi seluruh sampah,” tegasnya.

Sementara itu Staf Ahli Bupati Tabanan Ketut Subrata Suyasa berharap kegiatan ini dilakukan secara berkelanjutan. Apalagi pemerintah telah mengeluarkan peraturan untuk pengurangan penggunaan plastik sekali pakai. *des

Komentar