nusabali

Pemkab Gianyar Siap Nobatkan 3 Cagar Budaya

  • www.nusabali.com-pemkab-gianyar-siap-nobatkan-3-cagar-budaya

Tim ahli cagar budaya nasional menggelar sidang penetapan cagar budaya di Tasikmalaya, Jawa Barat, 26 Oktober 2019.

GIANYAR, NusaBali

Pada sidang tersebut, Pemkab Gianyar mengajukan tujuh usulan penetapan cagar budaya yaitu Pura Pegulingan, Pura Mengening, Istana Tampaksiring, Pura Penataran Sasih, Pura Pusering Jagat, Pura Pengukur-ukuran dan Puri Agung Gianyar.

Namun untuk tahun ini, baru Pura Pegulingan, Pura Mengening dan Istana Tampaksiring yang diprioritaskan penetapannya karena merupakan cikal bakal master plan kawasan cagar budaya. Sedangkan Pura Penataran Sasih, Pura Pusering Jagat, Pura Pengukur-ukuran akan disusul tahun berikutnya. “Ini berdasarkan rekomendasi dari Tim Ahli Cagar Budaya Nasional. Selanjutnya akan  dijadikan dasar permohonan penetapan cagar budaya peringkat kabupaten melalui SK Bupati Gianyar,” jelas Kadis Kebudayaan Gianyar Dr I Ketut Mudana SH MBA saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (31/10).

Ketut Mudana didampingi Kabid Cagar Budaya dan Permuseuman, Disbud Gianyar, I Wayan Adi Parbawa menuturkan, penetapan cagar budaya ini melalui beberapa tahapan. Diawali penyusunan berkas kajian oleh Tim Registrasi Cagar Budaya Kabupaten Gianyar bersama Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Bali-NTB-NTT, sejak Juni -  September 2019. Selanjutnya diserahkan oleh Tim Registrsi Cagar Budaya Kabupaten Gianyar kepada Tim Ahli Cagar Budaya Nasional di Direktorat Kebudayaan, Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Jakarta, 17 September. 17 Oktober melalui Plh Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman menyampaikan undangan sidang kajian oleh Tim Ahli Cagar Budaya Nasional.

Ketut Mudana menambahkan, Bupati Gianyar Made Mahayastra menaruh perhatian dan memberikan ruang dan perhatian khususnya pada cagar budaya. Setelah turun SK Bupati Gianyar tentang Cagar Budaya, akan dilanjutkan dengan Penobatan Cagar Budaya Kabupaten Gianyar tahun 2019.

Pada kesempatan penobatan itu nanti, jelas Mudana, Bupati Gianyar akan memberikan penganugrahan penghargaan

kepada para tokoh masyarakat yang menaruh perhatian dan pengabdian pada cagar budaya. Melalui penobatan ini, nantinya Bupati Gianyar akan mencanangkan Gianyar sebagai Kota Cagar Budaya karena Gianyar dikenal sebagai daerah dengan peninggalan cagar budaya terbanyak di Bali. Penobatan akan dilaksanakan pada Nopember 2019 di kawasan cagar budaya Pura Pegulingan, Tampaksiring. "Jumlah cagar budaya yang akan kami nobatkan nanti, bisa lebih dari tiga, tergantung rekomendasi dari tim pusat," ujar Mudana.*lsa

Komentar