nusabali

Denpasar Raih Penghargaan dari Kementerian Keuangan RI

Pertahankan Opini WTP Tujuh Kali Berturut-turut

  • www.nusabali.com-denpasar-raih-penghargaan-dari-kementerian-keuangan-ri

Tujuh kali berturut-turut Pemkot Denpasar mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pengelolaan keuangan Pemkot Denpasar dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Bali diapresiasi Kementerian Keuangan RI.

DENPASAR, NusaBali

Pada Kamis (31/10), Kementerian Keuangan RI melalui Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali Tri Budhianto menyerahkan penghargaan diterima Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra di Kantor Walikota Denpasar.

Penghargaan dalam bentuk piagam dan tropi diterima atas keberhasilan Pemkot Denpasar dalam menyusun dan menyajikan pengelolaan keuangan dengan opini WTP. Untuk diketahui bahwa Opini WTP untuk ketujuh kalinya dipertahankan Pemkot Denpasar diserahkan Kepala BPK RI Perwakilan Bali, pada bulan Mei 2019 di ruang pertemuan kantor BPK RI Perwakilan Bali, Niti Mandala, Denpasar.

Menurut Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali Tri Budhianto bahwa Pemerintah Republik Indonesia memberikan penghargaan kepada Pemkot Denpasar yang telah mampu mempertahankan opini WTP selama tujuh kali berturut-turut. “Penghargaan ini adalah bentuk apresiasi dari Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Keuangan RI, yang sangat tidak mudah dilakukan dalam mempertahankan opini WTP sampai tujuh kali berturut turut,” ujarnya.

Hal ini juga menjadi prestasi Pemkot Denpasar dengan kerja keras dan disiplin karena setiap tahun kriteria maupun penilaian dari BPK semakin meningkat dan semakin detail. Langkah ini juga membutuhkan sinergi dan koordinasi dari seluruh unsur pemangku kepentingan yang bisa menyajikan laporan keuangan yang sangat berkualitas dari Pemkot Denpasar.

Menurut Tri Budhianto, penghargaan ini juga dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan. “Kami dari Dirjen Perbendaharaan siap bersinergi dan koordinasi untuk meningkatkan capaian laporan keuangan yang lebih baik serta dapat dipertahankan Pemkot Denpasar,” ujarnya.

Disamping itu juga disampaikan bahwa dari report kinerja Pemkot Denpasar sudah sangat baik, serta dapat terus lebih mengoptimalkan kedepan capaian-capaian ini. Ada beberapa peluang yang dapat dimanfaatkan Pemkot Denpasar agar kinerjanya lebih optimal lagi. “Selamat kepada Pemkot Denpasar yang telah mampu mempertahankan opini WTP dan kami siap bersinergi mengoptimalkan capaian pengelolaan keuangan Pemkot Denpasar,” ujarnya.

Sementara Walikota Denpasar, Rai Mantra menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Keuangan RI, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali, serta BPK RI Perwakilan Bali yang terus membimbing untuk capaian laporan keuangan yang baik Pemkot Denpasar.  "Kami bersama telah mampu meraih WTP. Mengemban opini WTP bukan hal ringan, tetapi ini menjadi tantangan dan motivasi untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi. Pemeriksaan yang sangat profesional dan humanis. Sebagai peningkatan akuntabilitas kedepan kami selalu minta arahan serta bimbingan dalam meningkatkan profesionalisme kami sebagai aparat pemerintah dalam meningkatkan kinerja," ujar Rai Mantra.

Lebih lanjut disampaikan penghargaan dari Kementerian Keuangan RI ini menjadi tolak ukur Pemkot Denpasar untuk lebih detail dalam memahami substansi sesuai arahan dari Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali lebih baik dalam tata kelola keuangan dan pemerintahan.

Dalam masalah penyerapan anggaran serta masuk pada hal-hal yang menjadi suatu hambatan-hambatan diluar batas kewenangan yang bisa diberikan soluasi dalam tahapan penganggaran untuk tahun berikutnya. “Penghargaan ini juga kami jadikan tolak ukur dalam meningkatkan pemahaman dalam penyerapan anggaran maupun tatakelola keuangan dan pemerintahan yang lebih  baik,” ujar Rai Mantra.*mis

loading...

Komentar