nusabali

Badung Pastikan Bangun Stadion Tahun 2020

  • www.nusabali.com-badung-pastikan-bangun-stadion-tahun-2020

Pembangunan stadion juga terkait Kabupaten Badung akan menjadi tuan rumah Porprov XV tahun 2021. Disiapkan anggaran Rp 105 miliar dari APBD Badung.

MANGUPURA, NusaBali

Pemerintah Kabupaten Badung memastikan akan membangun stadion bertaraf internasional pada 2020 mendatang. Pembangunan stadion ini sebagai persiapan perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali XV tahun 2021, dimana Kabupaten Badung bakal menjadi tuan rumah.

Rencananya pembangunan stadion akan memanfaatkan GOR Mengwi dengan eksisting saat ini sekitar 5 hektare. Tribun penonton juga bakal dibangun melingkar dengan menerapkan single seater sesuai standar internasional. Dengan menerapkan single seater, stadion ini nantinya diperkirakan akan memiliki kapasitas 10.721 kursi.

Sesuai perencanaan, pada bagian atap stadion akan menggunakan atap membrane yang berbahan ringan sehingga tidak memerlukan banyak rangka. Atap membrane juga membikin hawa sejuk, dan yang terpenting tampilannya lebih modern.

Untuk itu, Pemkab Badung melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), menyontoh salah satunya Stadion Gelora Sriwijaya atau lebih dikenal Stadion Jakabaring di Palembang, Sumatera Selatan. Dinas PUPR juga melakukan studi banding secara langsung pada Juli 2019 lalu.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Badung IB Surya Suamba, mengatakan pembangunan stadion masih sesuai perencanaan awal. Mulai dibangun pada tahun 2020 mendatang. “Perencanaan kami, Februari 2020 sudah bisa dikerjakan. Mudah-mudahan prosesnya bisa cepat dan tidak ada kendala,” katanya, Kamis (31/10).

Mengenai pembiayaan, ungkapnya, akan disiapkan anggaran senilai Rp 105 miliar, bersumber dari APBD Badung. “Sebetulnya keseluruhan dibutuhkan biaya Rp 250 miliar sesuai gambar rencana. Namun, karena anggaran yang tersedia Rp 105 miliar, maka kita prioritaskan dulu untuk bisa ‘mengejar’ Porprov 2021,” tegas Surya Suamba.

Disinggung mengenai target pembangunan stadion, Surya Suamba mengungkapkan, harus sudah selesai dalam satu tahun anggaran. “Targetnya akhir Desember 2020 sudah selesai. Jadi, bisa dipergunakan untuk perhelatan Porprov,” tandasnya.

Sehari sebelumnya, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, menegaskan renovasi GOR Mengwi untuk dijadikan stadion bertaraf internasional sudah siap. Dari segi desain stadion sudah tidak ada masalah. Tinggal pembangunan saja pada tahun 2020. “Astungkara kita akan melaksanakan renovasi GOR Mengwi tahun 2020 untuk pembangunan stadion. Semoga bisa dilakukan dengan baik. Nanti stadion ini kita rancang berstandar internasional,” kata Bupati.

Tidak hanya membangun stadion, demi suksesnya Porprov 2021, Pemkab Badung juga akan mempersiapkan venue untuk sejumlah cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan. “Kalau pemerintah mau kuat, olahraganya harus bagus. Ini lah yang kami tekankan, sehingga venue-venue ini harus dibangun dengan baik,” tandas Bupati Giri Prasta. *asa

Komentar