nusabali

Bandar Shabu Senilai Rp 7 M Tewas Di Dor

  • www.nusabali.com-bandar-shabu-senilai-rp-7-m-tewas-di-dor

Polisi menembak mati seorang bandar Shabu berinisial H. Pria asal Donggala berusia 45 tahun ini mengakomodir penjualan Shabu senilai Rp 7 miliar dengan berat 6,9 kilogram.

SURABAYA, NusaBali

"Yang bandar ditindak tegas berinisial H. Ini perintah dari pimpinan kita melakukan tindakan tegas terukur. Karena membahayakan petugas saat hendak ditangkap anggota kita," kata Wadir Reserse Narkoba Polda Jatim AKBP Teddy Suhendiawan Syarif saat rilis di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Rabu (30/10).

"Jadi pelaku menggunakan roda empat, kita lakukan upaya tindakan tegas terukur. Anggota waktu itu hendak menghentikan, lalu motornya ditabrak, anggota jatuh dan melakukan tindakan tegas. Ditangkapnya di Ketapang, Bangkalan," imbuh Teddy seperti dilansir detik.

Tak hanya itu, barang haram yang diketahui asal Malaysia ini dimasukkan pelaku dalam bungkus teh Cina. Lalu, beberapa bungkus teh Cina ini dikirim melalui jalur laut dan berlanjut di jalur darat lewat cukong. Teddy menyebut Shabu yang merupakan jaringan Mojokerto ini memiliki kualitas super.

"Peredaran narkotika jenis Shabu ini jaringan Mojokerto, tapi barang dari Malaysia melalui cukong. Ini modusnya menggunakan sachet teh cina tapi dalamnya Shabu. Kalau kita lab-kan itu jenisnya kualitas bagus nomor satu, jenis super. Ini bisa diuraikan lagi dan dikembangkan jadi Shabu jenis lain," papar Teddy.

Selain bandar berinisial H yang ditembak mati, Teddy mengatakan pihaknya mengamankan seorang kurir berinisial GEP. Pria berusia 35 tahun ini ditangkap di Simokerto, Surabaya.

Dari pengakuan GEP, dirinya mendapat bayaran Rp 3 juta untuk setiap kilogram Shabu yang diantarkannya. Namun, GEP mengaku belum sempat mendapatkan bayarannya.

"Dapat Rp 3 juta untuk satu kilo. Yang ini belum dapat karena belum ditransfer. Total Shabunya 6,9 kilogram sekitar Rp 7 miliar lebih," lanjut Teddy.

Tak hanya itu, Teddy menduga Shabu ini merupakan jaringan Sokobanah. Karena kurir ditemukan di Madura.

"Kita temukan di Madura. Ini akan dipasok ke daerah Madura. Dugaan arah ke sana (Sokobanah). Dari Mojokerto kemudian ke Surabaya dibawa ke Madura," pungkasnya. *

Komentar