nusabali

Raih Opini WTP 5 Kali Berturut-turut

Kinerja Pelaporan LKPD Kabupaten Gianyar

  • www.nusabali.com-raih-opini-wtp-5-kali-berturut-turut

Pemkab Gianyar meraih prestasi gemilang di bidang Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD).

GIANYAR, NusaBali

Kabupaten Gianyar meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas LKPD lima kali berturut-turut  sejak lima tahun lalu hingga LKDP tahun anggaran 2018.

Penghargaaan Pemerintah RI kepada pemerintah daerah yang meraih Opini WTP atas LKPD tahun 2018, diserahkan oleh Kakanwil Direktorat Jenderal Perbendaharan (DJPb)  Provinsi Bali Tri Budianto. Penghargaan  ini diterima Wakil Bupati Gianyar AA Gde Mayun didampingi Sekdakab  Gianyar Made Gede Wisnu Wijaya, di Ruang Rapat Kantor Bappeda dan Litbang Gianyar, Rabu (30/10).

Pada kesempatan tersebut, Tri Budianto menyatakan apresiasinya pada Pemkab Gianyar karena telah berhasil mempertahankan Opini WTP dari BPK selama lima kali berturut-turut. Hal ini tentu tidak mudah karena dari tahun ke tahun tantangan dari WTP itu semakin berat. Apalagi sekarang pemeriksaan BPK tidak hanya fokus pada laporan keuangan saja, tapi sudah merambah ke kinerja. “ Jadi kami sungguh menyadari perjuangan rekan-rekan di daerah untuk mempertahankan WTP ini. Karena memerlukan sinergi, koordinasi yang baik di antara seluruh unsur di Kabupaten Gianyar,” kata Tri Budianto. Pada kesempatan itu Kakanwil Tri Budianto juga mengadakan sharing session pelaksanaan anggaran daerah yang bersumber dari APBN.

Wakil Bupati Gianyar AA Gde Mayun menyatakan rasa syukurnya atas keberhasilan Pemkab Gianyar mempertahankan Opini WTP atas LKPD secara lima kali berturut-turut. Hal ini tentu tidak terlepas dari arahan dan pendampingan Kakanwil DJPb Provinsi Bali sehingga penyaluran dana perimbangan dapat disalurkan tepat waktu dan tepat sasaran. Wabup menyadari banyak kekurangan dalam pengelolaan keuangan. Namun pihaknya berharap kerjasama antar pihak terus terjalin. ‘’ Sehingga apa yang menjadi tujuan kami yaitu peningkatan kinerja pengeloaan keuangan daerah yang menganut asas kepatuhan terhadap perundang-undangan, transparan dan akuntabel bisa terwujud dan opini WTP dapat terus dipertahankan,” tegas Wabup Agung Mayun.

Ditambahkan Wabup Agung Mayun, Pemkab Gianyar sangat mendukung program sharing session pelaksanaan anggaran daerah yang bersumber dari APBN. Karena program tersebut dapat memberikan motivasi dalam mempertahankan opini WTP, perbaikan serta peningkatan kinerja dalam melaksanakan pengelolaan keuangaan. Upaya ini menganut asas kepatuhan terhadap perundang-undangan, transparan dan akuntabel yang bermuara pada LKPD.*Isa

Komentar