nusabali

Sukses Pertahankan Juara Umum, Bupati Serahkan Bonus Porprov

  • www.nusabali.com-sukses-pertahankan-juara-umum-bupati-serahkan-bonus-porprov

Keberhasilan kontingen Kabupaten Badung mempertahankan juara umum kedelapan kalinya pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali XIV tahun 2019, di Tabanan, mendapat apresiasi berupa bonus dari pemkab.

MANGUPURA, NusaBali

Bonus diserahkan Bupati I Nyoman Giri Prasta didampingi Wabup I Ketut Suiasa di Puspem Badung, Rabu (30/10). Acara pembagian bonus dirangkai dengan pembubaran kontingen Kabupaten Badung.

Bupati Giri Prasta memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas keberhasilan kontingen Badung meraih juara umum pada Porprov Bali 2019. Ini menunjukkan bahwa atlet Badung mampu berprestasi di level daerah Bali dan diharapkan prestasi ini dapat dipertahankan demi nama baik Badung di kancah nasional maupun internasional, termasuk ajang PON di Papua nanti. “Keberhasilan ini tidak terlepas dari pembinaan yang telah dilakukan mulai dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten, sebagai komitmen memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat,” ujar bupati di acara yang dihadiri Ketua Komisi I DPRD Badung I Wayan Regep, Sekda I Wayan Adi Arnawa, Ketua TP PKK Ny Seniasih Giri Prasta, serta para pejabat terkait di Pemkab Badung.

Bupati juga minta kepada KONI untuk mempertahankan atlet yang telah meraih medali dan mengevaluasi cabor yang tidak pernah memperoleh medali, sehingga pada Porprov 2021 di Badung, atlet yang belum mendapat medali bisa meraih medali. Dengan demikian, juara umum dapat dipertahankan untuk ke sembilan kalinya.

“Kalau dalam Porprov tahun 2021 kita berhasil mempertahankan juara umum, bonus akan ditingkatkan lagi,” tegas bupati seraya mengharapkan setiap kecamatan wajib memiliki venue seperti lapangan sepakbola, voli, basket, tenis lapangan, dan tenis meja.

Ketua Umum KONI Badung I Made Nariana mengakui di awal-awal Porprov sempat merasakan tekanan dari kompetitor Kota Denpasar. Namun, dengan persiapan yang matang, pihaknya merasa yakin mampu pertahankan juara umum. Terbukti pada hari kedelapan Badung mulai menunjukkan kegarangan dalam merebut medali emas. Hari-hari berikutnya Badung kian tak terkejar sehingga keluar sebagai juara umum dengan total medali 156 emas, 108 perak, dan 94 perunggu.

“Jika dibandingkan pada Porprov di Gianyar, waktu itu Badung meraih 137 emas, 115 perak, dan 106 perunggu artinya telah terjadi peningkatan perolehan medali emas yang signifikan yakni 19 medali emas,” ucapnya.

Nariana mengatakan, atlet yang meraih medali emas perorangan mendapat bonus Rp 60 juta. Nomor beregu 2-4 orang mendapat bonus Rp 30 juta, nomor beregu 5-8 orang mendapat bonus Rp 20 juta, nomor beregu 9-12 orang mendapat bonus Rp 15 juta serta nomor beregu 13 orang dan seterusnya mendapat bonus Rp 12 juta per orang.

Untuk peraih medali perak nomor perorangan mendapat bonus senilai Rp 25 juta, nomor beregu 2-4 orang mendapat Rp 12 juta, nomor beregu 5-8 orang mendapat Rp 8,5 juta, nomor beregu 9-12 orang mendapat Rp 6,25 juta, serta nomor beregu 13 orang dan seterusnya mendapat Rp 5 juta per orang.

Sementara peraih medali perunggu nomor perorangan mendapat bonus senilai Rp 12,5 juta, nomor beregu 2-4 orang senilai Rp 6,25 juta, nomor beregu 5-8 orang mendapat Rp 4,2 juta, dan nomor beregu 9-12 orang mendapat Rp 3,125 juta, serta nomor beregu 13 orang dan seterusnya mendapat senilai Rp 2,5 juta per orang.

Adapun untuk pelatih, manajer, dan official, peraih medali emas (juara umum) bagi pelatih mendapat bonus senilai Rp 20 juta, manajer Rp 11 juta, dan official Rp 10 juta per orang. Peraih medali emas (tidak juara umum), bagi pelatih Rp 15 juta, manajer Rp 9 juta, dan official Rp 8 juta per orang. Peraih medali perak, pelatih Rp 10 juta, manajer Rp 7 juta, dan official Rp 6 juta per orang. Peraih medali perunggu, pelatih Rp 8 juta, manajer Rp 5 juta, dan official Rp 4 juta per orang. Bonus tersebut belum dipotong pajak. *asa

Komentar