nusabali

Senam Vitalitas Otak Cegah Stroke

Wapadai Jika Mendadak Senyum Tidak Simetris

  • www.nusabali.com-senam-vitalitas-otak-cegah-stroke

Ada cara-cara sederhana yang bisa diterapkan sehari-hari yakni menjalankan pola hidup sehat dengan konsep ‘CERDIK’.

DENPASAR, NusaBali

RSUP Sanglah Denpasar mengadakan senam vitalitas otak guna meningkatkan kognitif dan vitalitas otak mencegah penyakit stroke di rumah sakit setempat, Rabu (30/10). Kegiatan ini serangkaian Hari Stroke Sedunia yang jatuh setiap tanggal 29 Oktober. “Kasus-kasus penyakit stroke menjadi penyebab kematian tertinggi kedua setelah penyakit jantung. Dengan demikian, penyakit ini menjadi penyakit cukup serius yang harus kita perhatikan. Penyakit ini sebetulnya bisa dilakukan pencegahan-pencegahan (preventif), agar masyarakat jangan sampai mengalami stroke,” ujar Direktur Utama RSUP Sanglah, I Wayan Sudana.

Dikatakan, sesuai dengan program pemerintah pusat, ada cara-cara sederhana yang bisa diterapkan sehari-hari yakni menjalankan pola hidup sehat dengan konsep ‘CERDIK’. “Yakni Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet yang sehat, Istirahat cukup, dan Kelola stress,” katanya.

Sementara Konsultan Bagian Neurovaskuler RSUP Sanglah, dr Ida Bagus Kusuma Putra, mengatakan, RSUP Sanglah Denpasar setidaknya empat sampai lima pasien baru dalam sehari yang menderita stroke datang untuk menjalani pemeriksaan dan perawatan. Penyakit stroke bisa disebabkan oleh penyumbatan dan bisa juga karena perdarahan. Stroke karena penyumbatan diakui paling banyak dijumpai.

Menurut dr IB Kusuma, ada beberapa gejala yang bisa diamati dan harus segera diperiksakan ke medis. Gejala orang mengalami stroke di antaranya senyum tidak simetris yang mendadak, gerakan lengan dan kaki mulai melemah, gaya bicara yang tidak jelas dan lidahnya tidak bergerak akibat adanya kerusakan otak, kesemutan separuh badan, mengalami rabun mata satu saja, serta sakit kepala mendadak tanpa riwayat sakit kepala sebelumnya disertai dengan mual dan muntah. *ind

Komentar