nusabali

Bupati Suwirta : Pemuda Mesti Wujudkan Mimpi

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-pemuda-mesti-wujudkan-mimpi

Apel peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019, bertepatan Tilem Kapat, dilaksanakan di Lapangan Puputan Klungkung, Senin (28/10).

SEMARAPURA, NusaBali

Selaku Inspektur Upacara Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Hadir Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, Ketua DPRD Klungkung AA Gde Anom, Wakil Ketua DPRD Klungkung Cokorda Gede Agung, TP PKK Kabupaten Klungkung, serta segenap jajaran pegawai, organisasi kemasyarakatan dan siswa dengan mengenakan busana adat Bali.

Bupati Suwirta, usai upacara mengatakan, tema peringatan "Bersatu Kita Maju" merupakan tema untuk mewujudkan mimpi yang terpendam. “Jangan hanya bermimpi untuk mengisi kemerdekaan, kita harus wujudkan mimpi yaitu Indonesia Maju, Klungkung Sejahtera. Kita tidak boleh hanya sebagai penonton, mimpi ini ditekankan kepada pemuda generasi penerus yang harus dilatih dengan berbagai keterampilan, etika, dan berprilaku yang baik dengan sepirit Gema Santi,” ujarnya.

Bupati Suwirta mengajak generasi muda Klungkung bersama wujudkan masyarakat Klungkung yang unggul dan sejahtera.

Sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali, dibacakan Bupati Suwirta, menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda.  Sehingga menjadi pelopor Pemuda untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan NKRI. Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”.

Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa. Di sinilah diharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya dalam hal yang posistif. “Pemuda adalah masa depan bangsa dan Negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia, saya berharap kedepan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia,” harapnya.

Usai upacara, Bupati Suwirta menyerahkan penghargaan secara simbolis kepada atlet dan pelatih berprestasi pada Pekan Olahraga Pelajar dan Invitasi Olahraga Tradisional Tingkat Provinsi Bali Tahun 2019, yakni Dewa Komang Agus Putra, atlet Atletik peraih medali emas nomor Lempar Lembing Tingkat SMA/SMK Putra (SMAN 1 Banjarangkan).

Ayu Evita Satwikayani, atlet Karate peraih medali emas nomor Kumite 59 Kg dan medali perunggu nomor Kata Perorangan putri tingkat SMA/SMK (SMAN 2 Semarapura). Ni Komang Henny Apriandini, Atlet Panjat Tebing peraih medali emas nomor speed youth D putri dan speed youth D campuran, dan I Kadek Sutaraya SPd, pelatih Atletik (SDN 2 Semarapura Tengah). *wan

Komentar