nusabali

Kerugian Bencana Alam Capai Rp 5,6 Miliar

  • www.nusabali.com-kerugian-bencana-alam-capai-rp-56-miliar

Bencana alam yang menerjang Kabupaten Bangli dari awal tahun 2029 terbilang cukup banyak.

BANGLI, NusaBali

Terdata ada 65 kejadian dari pohon tumbang, kebakaran hingga tanah longsor. Kerugian material akibat bencana mencapai Rp 5,6 miliar. Ada pula 2 korban jiwa dan luka-luka.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangli, Ketut Agus Sutapa mengungkapkan, bencana yang terjadi di Bangli dari awal tahun hingga pertengahan bulan Oktober sebanyak 65 kejadian. Adapun bencana yang melanda yakni tanah longsor, pohon tumbang, angin kencang, puting beliung, banjir, kebakaran permukiman, kebakaran lahan, kebakaran hutan, dan gempa bumi. Ada dua korban jiwa, luka berat, dan luka ringan. Dermaga Kedisan juga mengalami kerusakan.

Dikataka, kebakaran lahan dan kebakaran hutan luasnya bervariasi, dari 2 are hingga 10 hektare. Estimasi kerugian material akibat bencana Rp 5,6 miliar. “Nilai kerugian dari puluhan juta hingga ratusan juta rupiah,” ungkap Agus Sutapa, Senin (28/10). Kerugian di atas Rp 30 juta diajukan ke Pemerintah Provinsi Bali. Bantuan yang diberikan tidak full. Bantuan berupa dana stimulus untuk penguatan, sisanya ada swadaya.

Dana bantuan bagi korban bencana ini melalui pos anggaran bansos tidak terencana. Sudah ada beberapa korban mengajukan permohonan bantuan. Permohonan nantinya akan diajukan kembali dan dilakukan verifikasi. Kemungkinan pada anggaran 2020 bisa tercover. Untuk tahun ini, bantuan yang cair adalah untuk korban dampak gempa tahun sebelumnya. *esa

Komentar